Usaha Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Pelayanan Air Bersih (Studi Pada PDAM Kabupaten Gresik)
Main Author: | Hayatori, Figur Hariya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6073/ |
Daftar Isi:
- Salah satu aktivitas utama pemerintah adalah melakukan pelayanan publik kepada masyarakat, baik meliputi pelayanan barang publik, jasa publik, maupun pelayanan administratif. Pertumbuhan dan perkembangan kota dengan diikuti oleh pertambahan perduduk, baik melalui proses kelahiran maupun urbanisasi memunculkan tuntutan pelayanan public yang responsive terhadap dinamika tersebut sehingga pemerintah (termasuk pemerintah daerah) tertuntut dengan sendirinya untuk memenuhi pelayanan dimaksud. Salah satu pelayanan barang yang menghadapi tuntutan peningkatan, baik secara kuantitas maupun kualialitas adalah pelayan air bersih.Penyediaan pelayanan air bersih yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah kabupaten Gresik diselenggarakan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian: 1) Usaha PDAM dalam memenuhi kebutuhan air bersih, baik secara kuantitas maupun kualitas; dan 2) Pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan PDAM. Mendapatkan data dengan wawancara, observasi dan dokumen. Sedangkan analisis memanfaatkan model interaktif Miles, Hubarmann dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dalam meningkatkan volume debt air seiring dengan meningkatnya jumlah pelanggan baik rumah tangga, perkantoran dan industry maka PDAM telah melakukan optimalisasi sambungan pipa yang telah ada, membuat sambungan perpipaan yang baru, mengurangi kebocoran dan hilangnya air di lapangan, serta memanfaatkan sumber air baru dari Umbulan Pasuruan dan Bengawan Solo melalui Bendungan Gerak Sembayat. Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas air maka PDAM melakukan Total Quality Control, control laboratorium secara periodic, dan minandaklanjuti keluhaan pelanggan dengan cepat. 2) Untuk m,eningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan, PDAM menjalankan prinsip pelayanan public dengan baik yang didukung dengan peningkatan kapasitas pegawainya. Selain itu PDAM membuat website.