Strategi Inovasi Pelayanan Berbasis Teknologi Telematika Oleh PT Pos Indonesia (Persero)
Main Author: | Yuniar, Lia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6063/ |
Daftar Isi:
- Dalam dunia modern, inovasi merupakan tantangan besar bagi setiap organisasi termasuk penyedia layanan publik. Dibutuhkan strategi menyusun inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. PT Pos Indonesia sebagai salah satu BUMN tertua di Indonesia sebagai penyedia pelayanan jasa harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggannya dengan memperbaharui dan menciptakan inovasi baru. Penurunan drastis pendapatan terjadi akibat berkembangnya teknologi telematika yang menggantikan peran surat pos juga menjamurnya bisnis swasta sebagai pesaing PT Pos Indonesia. Hal ini juga berdampak pada Kantor Pos Besar Kota Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan analisa pendekatan kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah strategis PT Pos Indonesia dalam pelayanan berbasis teknologi telematika dan faktor-faktor penghambat dan pendukung penerapan inovasi pada pelayanan berbasis teknologi telematika oleh PT Pos Indonesia. Pada PT Pos Indonesia, diterapkan tipe resource strategy dan program strategy, dimana pada resource strategy-nya adalah peluncuran aplikasi KantorPos Mobile yang dapat diunggah secara resmi oleh pengguna smartphone di Google Store dan untuk program strategy-nya adalah PT Pos Indonesia menjadi pemain dalam bisnis e-commerce yang bernama PlazaPos.com. Kedua strategi tersebut peneliti menilai belum memenuhi kebutuhan pelanggan dan kurang dapat memanfaatkan peluang juga kurang memanfaatkan kelebihan dan sumber daya yang dimiliki PT Pos Indonesia. PT Pos Indonesia seharusnya mengeluarkan aplikasi untuk smartphone dengan kegunaan yang berbeda dengan sekarang karena JNE sudah lebih dulu meluncurkan produk serupa dan kebutuhan pelanggan untuk kemudahan pembayaran seperti rekening listrik, PDAM, dan lain-lain adalah seharusnya diwujudkan. Untuk PlazaPos.com adalah layanan belanja online yang serupa dengan kebanyakan penyedia jasa e-commerce, PT Pos Indonesia seharusnya lebih memanfaatkan bagaimana pengiriman barang belian pelanggan dari para pembisnis e-commerce dengan memanfaatkan kekuatan logistiknya dan yang didukung dengan jangkauan luasnya di seluruh Indonesia. Kata Kunci :Strategi Inovasi, Inovasi Pelayanan Publik