Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Kebermanfaatan Terhadap Penggunaan Pajak Online (E-Tax) Dan Kepuasan Wajib Pajak (Studi Bagi Wajib Pajak Terdaftar di Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang)
Main Author: | Ardhi, Irfan Setya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6018/ |
Daftar Isi:
- Layanan e-tax memberikan kualitas informasi terkait secara langsung dengan kelengkapan, ketepatan waktu dan keakuratan, sedangkan kemudahan terkait secara langsung dengan mudah untuk dioperasikan, mudah untuk dipelajari dan tampilan interface yang jelas. Segala bentuk kemudahan tersebut diharapkan dapat mempengaruhi kepuasan wajib pajak dalam melakukan pembayaran kewajiban pajaknya. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui persepsi kemudahan dan persepsi kebermanfaatan berpengaruh terhadap penggunaan pajak online 2) Untuk mengetahui persepsi kemudahan dan persepsi kebermanfaatan berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan pajak online terhadap kepuasan wajib pajak. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan explanatory yaitu mengenai pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kebermanfaatan yang merupakan variabel independent dengan variabel dependent yaitu penggunaan pajak online (e-tax) dan kepuasan wajib pajak bagi wajib pajak terdaftar di Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna pajak online wajib di Kota Malang yang tercatat di Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dan regresi sederhana. Hasil analisis data yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa 1) Persepsi kemudahan dan persepsi kebermanfaatan berpengaruh terhadap penggunaan pajak online pada Wajib Pajak 2) Persepsi kemudahan dan persepsi kebermanfaatan berpengaruh terhadap kepuasan Wajib Pajak 3) Penggunaan pajak online berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak online (E-Tax).