Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Keliling oleh Pemustaka di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno
Main Author: | Rofiq, Saiful |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5967/ |
Daftar Isi:
- Pemanfaatan sebuah layanan informasi dalam hal ini perpustakaan keliling adalah suatu cara untuk mempertemukan pemustaka dengan layanan perpustakaan keliling tersebut. Dalam sebuah pemanfaatan, pemustaka akan terlibat dalam interaksi (interaction) dengan layanan perpustakaan keliling karena alasan (reason). Sebagai hasil dari interaksi tersebut, pemustaka memperoleh timbal balik (result) berupa informasi yang di dapatkan dalam penggunaan layanan. Tujuan penelitian mendeskripsikan dan menganalisis Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Keliling oleh Pemustaka di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno yang terdiri dari reason, interaction, dan result. Manfaat dari hasil penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan bagi Perpustakaan Keliling untuk mengembangkan layanan yang dimiliki sehingga pemanfaatan akan lebih maksimal Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Variabel independen yang peneliti gunakan ada 1 yaitu variabel pemanfaatan, kemudian diturunkan menjadi 3 sub variabel dengan total 10 indikator dengan total pertanyaan sebanyak 30 item. Skala pengukuran yang digunakan yaitu skala Likert dengan skor 1-4. Teknik pengumpulan data ada beberapa cara diantaranya terdiri dari sumber data (primer dan sekunder) dan metode pengumpulan data (wawancara, observasi, kuesioner atau angket). Sampel yang digunakan sebanyak 100 pemustaka/responden. Analisis data menggunakan analisis diskriptif. Hasil penelitian menunjukan pada Sub Variabel Reason menunjukkan kategori Baik. Indikator For Personal Reason dan To Get an Object, Information or Perform an Activity masuk dalam kategori Baik sedangkan indikator For a Task Problem masuk kategori Tidak Baik. Sub Variabel Interaction menunjukkan kategori Tidak Baik. Indikator Use of Resources, Services masuk pada kategori Baik sementara indikator Resources, Services dan Operation and Environment masuk dalam kategori Tidak Baik. Sub Variabel Result menunjukkan kategori Baik. semua indikator dalam sub variabel masuk dalam kategori Baik meliputi Cognitive, Affective, Meeting Expectation dan Time Aspect.