Analisis Sistem Informasi Reservasi Guest House (Studi pada Hasanah Guest House)

Main Author: Devanti, Fina Eva
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5912/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari sistem informasi front office yang diterapkan oleh Hasanah Guest House saat ini dan menganalisis permasalahan-permasalahan sistem saat ini untuk dilakukan pengembangan sistem. Penelitian ini dilakukan di Hasanah Guest House yang berlokasi di jalan Buring No. 09 Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa sistem informasi front office pada Hasanah Guest House masih menggunakan aplikasi office sederhana yang umum digunakan perorangan atau bisnis kecil yaitu Microsocft Excel yang masih memiliki berbagai kelemahan. Kelemahan tersebut yaitu waktu kerja yang berlebihan untuk receptionist dikarenakan harus mendata ulang proses administrasi yang dilakukan pelanggan; kesalahan-kesalahan manual yang tinggi; file-file yang kurang teratur yang mengakibatkan keamanan data yang tidak terjaga dengan baik; biaya operasi yang tinggi akibat penambahan biaya untuk pencetakan berkas-berkas selama proses pendataan administrasi; kehilangan kesempatan kompetisi pasar yang disebabkan karena semakin canggih teknologi informasi, tetapi Hasanah Guest House tidak mengaplikasikan teknologi informasi pada aktivitas operasional guest house. Desain sistem informasi front office untuk proses pendataan administrasi berbasis teknologi informasi dapat diimplementasikan Hasanah Guest House sebagai suatu upaya untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi pada proses pendataan administrasi front office guest house. Untuk pengembangan sistem berbasis teknologi informasi, seorang manajer harus melakukan tantangan manajemen.