Pengaruh International Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pemilik Smartphone Lenovo di Kawasan Asia Tenggara)

Main Author: Kharisma, Suhud
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5905/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh international brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Variabel eksogen yang digunakan dalam penelitian ini adalah international brand image (X1) dan kualitas produk (X2), sedangkan variabel endogen dalam penelitian ini yaitu keputusan pembelian (Y). Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin ketat dan kompetitif, terutama persaingan antara perusahaan-perusahaan global. Hal ini menuntut perusahaan untuk selalu dapat menyajikan yang terbaik bagi konsumen di pasaran. Salah satu industri yang memiliki pengaruh besar di pasaran adalah industri telekomunikasi. Strategi harus dilakukan oleh perusahaan telekomunikasi untuk tetap bertahan di pasar global seperti menciptakan nama merek pada produk mereka yang nantinya akan menjadi identitas produk tersebut di pasar global dan juga memberikan inovasi bagi produk mereka dari segi kualitas produknya. Penelitian ini menyelidiki bagaimana pengaruh dari citra merek global dan kuallitas produk yang ditawarkan Lenovo terhadap keputusan pembelian di pasaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research, dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di 5 negara kawasan Asia Tenggara (Indonesia, Vietnam, Thailand, Malaysia dan Filipina). Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan sampel kuota. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa international brand image (X1) dan kualitas produk (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R2) sebesar 0,332 artinya bahwa 33,2% variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel bebas yaitu international brand image dan kualitas produk, sedangkan sisanya 66,8%, variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini. Pada uji t menunjukkan bahwa variabel international brand image secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil temuan lain menunjukkan bahwa variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.