Pengembangan Minat Kunjung Siswa Melalui Kegiatan Promosi Perpustakaan (Studi Pada Perpustakaan Mtsn Jambewangi Kabupaten Blitar)

Main Author: Astuti, Diah Puji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5893/
Daftar Isi:
  • Perpustakaan MTsN Jambewangi Blitar merupakan salah satu lembaga yang berfungsi sebagai tempat belajar siswa dan guru. Perpustakaan MTsN Jambewangi Blitar telah melaksanakan berbagai kegiatan promosi perpustakaan untuk mengembangkan minat kunjung siswa ke perpustakaan. Sesuai data kunjungan perpustakaan, tingkat kunjungan siswa ke perpustakaan pada tahun ajaran 2014/ 2015 hingga tahun 2016/ 2017 mengalami penurunan tiap tahunnya. Tujuan dari penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini adalah mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pengembangan minat kunjung siswa melalui kegiatan promosi di Perpustakaan MTsN Jambewangi Kabupaten Blitar serta faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan minat kunjung perpustakaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan cara pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif oleh miles, huberman, dan saldana (2014) dengan melakukan kondensasi data, penyajian data, dan terakhir yaitu penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan minat kunjung siswa melalui program promosi yang di lakukan oleh perpustakaan MTsN Jambewangi melalui beberapa kegiatan yaitu menetapkan jadwal kunjungan siswa ke perpustakaan, pemilihan the best reader, sosialisasi perpustakaan MTsN Jambewangi ke tiap-tiap kelas, promosi melalui poster dan majalah dinding di lingkungan MTsN Jambewangi, kerjasama dengan berbagai pihak, kegiatan pojok baca. Hanya kegiatan pemilihan the best reader yang termuat dalam Program Kerja Perpustakaan MTsN Jambewangi sedangkan kegiatan yang lainnya tidak dibentuk secara tertulis. Kegiatan tersebut belum mendapat perhatian khusus dari pihak pustakawan maupun pihak sekolah. Kegiatan promosi perpustakaan serta data kunjungan tidak pernah dilakukan evaluasi. Faktor yang mendukung dalam pengembangan minat kunjung siswa yaitu pelayanan yang ramah, koleksi perpustakaan sesuai dengan kurikulum sekolah, dan partisipasi guru dan siswa dalam memanfaatkan perpustakaan. Selain faktor pendukung, terdapat pula faktor penghambat yaitu kegiatan promosi tidak terorganisir dengan baik, runag perpustakaan yang sempit dan letaknya kurang strategis, sumber daya manusia dan media promosi yang terbatas, dan anggara.