Kapasitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kelurahan Ardirejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang)
Main Author: | Fahmi, Mohammad Indi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5884/ |
Daftar Isi:
- Pelayanan publik merupakan salah satu fungsi penting pemerintah yang memiliki makna yang sangat luas karena dapat menyangkut pemenuhan kebutuhan masyarakat dan bermacam–macam kepentingan dan kebutuhan. Dalam pelayanan publik yang diberikan pemerintah kepada masyarakat berharap dapat diterima dan dapat dirasakan oleh semua masyarakat. Pada saat ini masyarakat lebih menyukai hal yang serba cepat, terjangkau, dan berkualitas dalam pelayanan publik.Pada saat ini pelayanan publik yang baik ini akan memberikan kepuasan kepada masyarakat yang mana merupakan bentuk keberhasilan pemerintah dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Sementara ini, banyak pelayanan publik yang masih sangat jauh dari standart pelayanan publik yang berdasarkan pada Undang- Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang standart pelayanan minimal. tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kapasitas sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Kelurahan Ardirejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor apa yang mempengaruhi kapasitas sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Kelurahan Ardirejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif karena dalam penelitian ini dilakukan penelitian lapangan langsung di kantor Kelurahan Ardirejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Selain itu, hasil yang akan diperoleh dari penelitian berdasarkan survey atau berdasarkan kenyataan yang didapatkan selama penelitian lapangan berlangsung serta diperoleh dari hasil wawancara dari berbagai informan. Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik: Kemampuan Sumber Daya Manusia (Aparatur) di Kelurahan Ardirejo mempunyai kemampuan kerja dan profesionalitas yang tinggi dikarenakan mereka pernah mengikuti pengembangan kemampuan berupa mengikuti pendidikan dan pelatihan. Kualitas Pelayanan di Kelurahan Ardirejo menunjukkan bahwa masyarakat mendapat kemudahan dalam pelayanan, waktu penyelesaian tidak lama, kenyamanan yang dirasakan masyarakat dalam pelayanan, serta pegawai di Kelurahan Ardirejo mempunyai kualitas layanan yang baik. Faktor Pendukung Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik: Kesadaran Aparatur, Pendidikan, Faktor Penghambat Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik: Kedisiplinan kerja aparatur kelurahan yang masih tergolong rendah, sarana dan fasilitas pelayanan yang kurang mendukung.