Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Pembelian Impulsif (Survei Pada Konsumen Yang Melakukan Pembelian Impulsif Di Matahari Department Store Matos Malang)
Main Author: | Wicaksono, Avie Haryo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5864/ |
Daftar Isi:
- Seiring dengan berkembangnya bisnis ritel dan eceran telah merubah perilaku konsumen seperti pembelian impulsif. Salah satu faktor-faktor perilaku konsumen adalah faktor psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor psikologis konsumen yang terdiri dari Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), dan Memori (X4) secara bersama-sama dan parsial terhadap Pembelian Impulsif (Y). Penelitian ini menggunakan metode explanatory research (penelitian penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini berada di Matahari Departement Store cabang Malang Town Square. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden merupakan konsumen yang melakukan pembelian impulsif. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan analisis regresi parsial. Berdasarkan hasil uji F yang dilakukan penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi F sebesar 0,000 (p< 0,05) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Faktor Psikologis yang terdiri dari Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), dan Memori (X4) secara bersama-sama terhadap Pembelian Impulsif (Y). Hasil adjusted R2 (koefisien determinasi) menunjukkan hasil sebesar 0,598yang berarti sebesar 59,8% variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), dan Memori (X4) memberikan kontribusi kepada Pembelian Impulsif (Y), sedangkan sisanya sebesar 40,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil kesuluruhan dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), dan Memori (X4) secara bersama sama dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Pembelian Impulsif (Y). Hasil dari analisis regresi juga menunjukkan bahwa variabel Persepsi (X2) memiliki pengaruh dominan dibandingkan variabel bebas lainnya.