Pengaruh Persepsi Dan Sikap Para Santri Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah (Survei Pada Ponpes Al-Amien Kota Kediri)
Main Author: | Wijaya, Rahman Adi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5847/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi oleh persepsi yang ditujukan oleh santri terhadap perbankan syariah. Serta sikap masing-masing santri yang berbeda akankah berpengaruh terhadap minat mereka menggunakan jasa perbankan syariah.Setiap keputusan yang diambil oleh santri dalam menggunakan jasa perbankan akankah dipengaruhi oleh persepsi dan sikap yang mereka miliki. Dalam kenyataannya meskipun persepsi dan sikap mereka tinggi belum tentu mereka menggunakan jasa perbankan syariah. Dengan demikian rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah pengaruh secara bersama-sama dari variabel persepsi dan sikap terhadap minat menabung di perbankan syariah, 2) Apakah pengaruh secara parsial dari variabeL persepsi dan sikap terhadap minat menabung di perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyebaran angket. Subyek penelitian menggunakan sampel sebanyak 116 responden, jumlah tersebut diambil dari rumus Machin dan Champbell (1987). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi, yang terdiri dari dua variable dependen dan satu variable independen. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan menggunakan metode validitas dan reabilitas ,normalitas, asumsi klasik, koefisien determinasi dan uji parameter individual atau uji t parsial dan uji F Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh persepsi santri terhadap minat menabung di perbankan syariah dengan nilai t hitung sebesar 3,950 nilai taraf signifikansi 0,000 berarti hipotesis diterima. Hasil penelitian juga menunjukkan ada pengaruh antara sikap santri terhadap minat menabung di perbankan syariah dengan hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai t hitung sebesar 4,585 dengan taraf signifikansi 0,000. Taraf signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05, yang berarti hipotesis diterima. Persepsi dan sikap secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat menabung diketahui dari hasil perhitungan nilai F hitung sebesar 66,267 dengan nilai signifikansi 0,000. Selain itu nilai adjusted R square sebesar 0,532 artinya persepsi dan sikap secara bersama-sama mempengaruhi minat menabung di perbankan syariah sebesar 53,% sedangkan sisanya sebesar 47,41% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi persepsi dan religiusitas santri akan semakin besar minat santri menabung di bank syariah.