Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya)

Main Author: Perwiranegara, Raden Aditia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5817/
Daftar Isi:
  • Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) adalah suatu sistem pengumpulan, pengolahan dan penyajian data penduduk yang cepat dan akurat agar menghasilkan informasi kependudukan yang tepat guna untuk membantu pemerintahan dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. SIAK meliputi Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, diterapkan dengan menggunakan teknologi informasi. Peningkatan kualitas pelayanan publik melalui SIAK yang dijalankan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun 2012 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 yang memuat tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan. Untuk mengukur peningkatan kualitas pelayanan publik melalui SIAK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, digunakan lima dimensi utama yaitu Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, dan Bukti Fisik. Lalu terdapat faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi peningkatan kualitas pelayanan publik melalui SIAK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya dalam melaksanakan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui SIAK. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan yaitu wawancara terstruktur, observasi terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik melalui SIAK dalam pelayanan administrasi kependudukan dapat dikatakan cukup baik, karena pada staf sepenuhnya dan seluruhnya memiliki keandalan dalam menjalankan tugasnya, merespon dengan cepat layanan yang masuk ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, bisa memahami keluhan dan memberi perhatian secara personal yang disampaikan pemohon dalam menjalankan tugasnya dan adanya fasilitas fisik yang memadai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya untuk memudahkan pemohon/masyarakat dalam melakukan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. Lalu masih membutuhkan adanya perbaikan manajemen pelayanan administrasi kependudukan pada pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil terutama pada karyawan atau staf yang berada di lapangan khusus nya pada staf di bagian pembuatan KTP-Elektronik yang pada dimensi jaminan ini masih belum terlihat berkualitas. Faktor pendukung peningkatan kualitas pelayanan publik melalui SIAK yaitu terdapat landasan hukum yang jelas dan fasilitas dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya koordinasi antar aktor-aktor pelaksanaan administrasi kependudukan, dan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap tertib administrasi kependudukan. Dengan Penelitian ini diharapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya harus melakukan pemerataan pelatihan bagi tenaga-tenaga pengelola dan operator SIAK secara lebih menyeluruh dan transparan, khususnya di setiap kantor kecamatan dan kelurahan yang menaungi setiap RT dan RW, agar terlihat sinergisitas antara faktor-faktor yang mempengaruhi SIAK, serta memaksimalkan kegiatan sosialisasi kepada semua lapisan masyarakat Kota Surabaya agar kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki dokumen kependudukan bisa meningkat.