Analisis Kelayakan Investasi Dengan Capital Budgeting Terhadap Proyek Battery Shop Di PT. Indonesia Airasia
Main Author: | Sky, Mechelin Dirgahayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5785/ |
Daftar Isi:
- AirAsia sebagai perusahaan penyediaan jasa transportasi udara dengan predikat maskapai penerbangan berbiaya murah di dunia, terus menerus melakukan investasi untuk mengembangkan perusahaannya dalam melayani kebutuhan pelanggan yang semakin berkembang dan untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu proyek yang dijalankannya adalah proyek battery shop yang merupakan tempat mengisi ulang baterai yang digunakan oleh pesawat AirAsia. Setelah berganti-ganti vendor, akhirnya pada tahun 2015 Indonesia Air Asia memutuskan untuk melakukan segala perawatan baterai pesawat sendiri yang dikerjakan di inhouse engineering dengan investasi yang lebih kecil dari biaya yang dibayarkan ke vendor dalam setahun. Hal ini air asia memerlukan penilaian mengenai layak tidaknya investasi yang dilakukan, dan penilaian yang paling sesuai adalah dengan menggunakan metode capital budgeting. Dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan teknik-teknik dalam metode capital budgeting. Hasil analisis menunjukkan bahwa rencana investasi layak untuk dilaksanakan. Berdasarkan kriteria Acounting rate of return (ARR) diperoleh angka sebesar 170,5% lebih besar dari discount factor 16,32%, Payback period diperkirakan kembali dalam jangka waktu 4 tahun 7 bulan 6 hari kurang dari umur investasi 10 tahun, Net present value bernilai positif sebesar Rp. 888.457.667, Benefit cost ratio diperoleh angka 2,731 lebih besar dari 1, dan hasil Internal rate of return diperoleh nilai sebesar 45,98 % lebih besar dari return yang diinginkan oleh perusahaan sebesar 16,32 %. Berdasarkan atas hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan saran agar PT. Indonesia Air Asia melaksanakan rencana investasi tersebut dan sebaiknya perusahaan terus melakukan proyek lainnya demi tujuan cost saving yang lebih baik untuk perusahaan kedepannya.