Pengaruh International Brand Image, Brand Community, Dan Brand Equity Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Komunitas Modern Vespa Malang )
Main Author: | Rafif, M. Atha Aqil |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5778/ |
Daftar Isi:
- Globalisasi adalah hal yang tidak dapat di pungkiri dan sisi baiknya adalah globalisasi dapar memperluas pasar bagi produk-produk lokal. Salah satu dampak globalisasi di Indonesia adalah penjualan sepeda motor yang meningkat. Alasannya karena sepeda motor di anggap sebagai moda transportasi yang efisien, efektif, ekonomis, dan cocok dengan kondisi yang ada di Indonesia. Beragam produsen sepeda motor tertarik memasuki pasar Indonesia, namun para produsen juga harus memikirkan secara matang cara untuk bersaing di pasar Indonesia sehingga produsen memiliki pelanggan yang loyal terhadap produknya karena loyalitas adalah perekat antara konsumen dan produsen. Hal ini menarik banyak produsen sepeda motor, salah satunya adalah Vespa di bawah naungan PT. Piaggio Indonesia. International brand image adalah hal yang di perlukan oleh sebuah produsen dalam membantu konsumen memutuskan pembelian karena pendekatan emosional . Brand equity dari sebuah produk juga merupakan nilai tambah yang membantu konsumen memilih sebuah produk. Ditengah fenomena tersebut munculah brand community yang menghubungkan antar konsumen yang memiliki tujuan, hobi dan kesenangan yang sama. Vespa sudah membangun internataional brand image dan brand equity yang baik yang membuat berjamurnya brand community dari produk Vespa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah international brand image, brand community dan brand equity memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan Vespa. Jenis penelitian ini adalah ekplanatif atau explanatory reseach dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil adalah 84 responden yang merupakan keseluruhan anggota dari komunitas Modern Vespa Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebar kuisioner. Analisis yang digunakan yaitu analisis regeresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa international brand image, brand community dan brand equity secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. International brand image berpengaruh secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Brand community juga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan juga brand loyalty berpengaruh secara parsial berpengaruh simultan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menemukan bahwa variabel brand equity yang mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan. Maka dari itu diharapkan pihak perusahaan memperhatahankan serta meningkatkan brand equity salah satunya dengan cara membangun kesadaran pelanggan, meningkatkan kualitas produk dan merangkul asosiasi merek Vespa.