Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampakya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Terhadap Pelanggan Coffee Shop J.Co Di Kota Surabaya Dan Kota Singapura)

Main Author: Amanata, Putranda Miftahul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5768/
Daftar Isi:
  • J.Co merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang restaurant yang menawarkan produk olahan kopi (Coffee), donat, dan yoghurt beku. Ketiga menu tersebut merupakan menu andalan yang selalu ditawarkan restaurant tersebut. J.Co berhasil menyaingi restaurant coffee shop lainnya seperti excelso dan starbucks. Pada tahun 1968 Johnny Andrean yang merupakan kewarganegaraan Indonesia yang menetap di Amerika, terinspirasi membuka usaha sendiri dengan menawarkan donat dan kopi sebagai menu handalannya karena kecintaannya dengan rasa dan aroma donat khas Amerika serta kegemarannya mengkonsumsi kopi di pagi hari. Coffee shop J.Co adalah pengembangan dari varian menu lainnya yang telah terlebih dulu ada, yaitu donat. Seiring dengan perkembangan akan permintaan konsumen dan kebiasaan konsumen dalam hal megonsumsi kopi sebagai minuman, maka J.Co mengembangkan varian menunya dengan menambahkan kopi sebagai menu handalannya yang patut untuk terus dikembangkan keberadaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan tersebut terhadap Kepuasan Pelanggan J.Co (2) Mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan J.Co (3) Mengetahui dampak Kepuasan Pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan dari hasil uji Reliabilitas dan Validitas yaitu untuk variabel kulitas pelayanan, kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen sudah terpenuhi.bahwa kualitas pelayanan, kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen yaitu saling berpegaruh. Sehingga untuk dapat mempertahankan produk Coffee Shop J.Co maka ketiga variabel tersebut harus ditingkatkan Alternatif strategi yang dapat diberikan yaitu, bagi pihak Coffee Shop J.Co di Kota Surabaya dan Kota Singapura untuk tetap selalu meningkatkan dan mengevaluasi yang menjadi kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas v pelanggan sehingga produk Coffee Shop J.Co bisa tetap bersaing dengan produk-produk lainnya dan produknya tetap bertahan dengan baik dan meningkat.