Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Tamu Hotel (Studi Tentang Persepsi Tamu Hotel Mahkota Plengkung Kabupaten Banyuwangi)

Main Author: Susepti, Amalia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5763/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu hotel; (2) pengaruh kualitas pelayan terhadap loyalitas tamu hotel; (3) pengaruh kepuasan terhadap loyalitas tamu hotel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, kepuasan tamu hotel, dan loyalitas tamu hotel. Populasi dalam penelitian ini adalah semua tamu hotel mahkota plengkung yang pernah menginap lebih dari satu kali. Sampel sebanyak 113 orang responden yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan metode pengambilan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis jalur menunjukan bahwa: (1) variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan tamu hotel; (2) variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyaliyas tamu hotel; (3) variabel kepuasan tamu hotel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas tamu hotel; (4) variabel kualitas pelayanan secara tidak langsung berpengaruh terhadap loyalitas tamu hotel melalui kepuasan tamu hotel. Dengan demikian, Hotel Mahkota Plengkung harus tetap mempertahankan serta meningkatkan kualitas pelayanan demi tercapainya tingkat kepuasan tamu hotel agar berdampak pada loyalitas tamu hotel.