Electronic Word of Mouth dan Aplikasi Konsep Theory of Planned Behaviour dalam Identifikasi Niat Berkunjung (Survei Pada Pengunjung yang Menggunakan Instagram di Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan, Kota Malang)

Main Author: Rachmaulida, Finanda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5759/
Daftar Isi:
  • Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan cukup aktif diperbincangkan di media sosial instagram, banyak orang yang mengunggah gambar mereka yang secara tidak langsung telah menyebabkan terjadinya interaksi electronic word of mouth dari orang ke orang melalui percakapan yang terjadi pada kolom komentar pada unggahan foto tersebut. Komunikasi electronic word of mouth memungkinkan seseorang memiliki Niat untuk berkunjung ke Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan. Niat berkunjung setiap wisatawan dengan wisatawan lainnya tentu memiliki perbedaan, hal tersebut dapat dianalisis melalui konsep theory of planned behavior yang diukur berdasarkan aspek sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku pada perilaku masing-masing individu. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Electronic Word of Mouth dan Aplikasi Konsep Theory of Planned Behaviour dalam Identifikasi Niat Berkunjung (Survei pada Pengunjung yang Menggunakan Instagram di Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan, Kota Malang)”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory atau eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 200 orang responden yang merupakan pengunjung yang menggunakan instagram yang berkunjung di Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan, Kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan cara pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebar kuesioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, crosstabs, dan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Theory of Planned Behaviour dan Niat Berkunjung, Theory of Planned Behaviour juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Berkunjung. Penelitian ini menemukan bahwa Theory of Planned Behaviour memiliki peran sebagai variabel intervening serta memperkuat pengaruh electronic word of mouth terhadap niat berkunjung. Sehingga hal yang perlu dilakukan adalah memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi wisatawan agar perilaku mereka semakin terencana, seperti memperbaiki kualitas destinasi, meningkatkan kenyamanan, fasilitas, maupun sarana dan prasarana. Hal tersebut dapat mempengaruhi sikap wisatawan dan kontrol perilaku mereka, serta norma subjektif seperti pengaruh dari kerabat terdekat, sehingga mereka memiliki niat untuk berkunjung.