Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Daihatsu Xenia Periode Januari - Desember 2014 Pada PT Daihatsu Jolo Abadi Malang)

Main Author: -, Beyhaki
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5734/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama serta pengaruh dari masing-masing variabel dalam atribut produk yang terdiri atas Kualitas (X1), Fitur (X2), Gaya (X3), dan Desain (X4) terhadap keputusan pembelian produk (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori atau penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli yang membeli mobil Daihatsu Xenia di PT Jolo Abadi Malang dari bulan januari sampai desember 2014 dengan sampel sebanyak 63 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling (Area Sampling). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (5,095 > 2,53) dan signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas (X1), Fitur (X2), Gaya (X3), dan Desain (X4) memiliki pengaruh bersama-sama secara signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Besarnya pengaruh yang diberikan dari masing-masing variabel dalam atribut produk terhadap variabel keputusan pembelian (Y) berdasarkan hasil uji t, menunjukkan bahwa variabel Kualitas (X1) memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,090 dengan signifikansi 0,610, variabel Gaya (X3) memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,245 dengan signifikansi 0,171, dan variabel Fitur (X2) memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,284 dengan signifikansi 0,098, yang berarti bahwa variabel Kualitas Gaya, dan Fitur berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan untuk variabel Desain (X4) memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,573 dengan signifikansi 0,004, yang berarti bahwa variabel Desain berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.