Strategi Komunikasi Sosialisasi Budaya Organisasi Terhadap Karyawan Baru PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya
Main Author: | Noval R, Moch |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5728/ |
Daftar Isi:
- Budaya organisasi sangatlah penting bagi perusahaan oleh karena itu perusahaan harus memiliki budaya organisasi sebagai pedoman dan identitas perusahaan. Budaya organisasi akan Iebih efektifjika ditanamkan sejak dini terutama pada karyawan baru. Untuk menanamkan budaya organisasi perlu adanya strategi agar etektif dan efesien. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengkaji strategi komunikasi sosialisasi pada PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya. Rumusan masalah pada penelitian ini pertama bagaimana nilai budaya organisasi yang diterapkan dan diyakini di PT Pelindo Ill Cabang Tanjung Perak Surabaya. Kedua bagaimana strategi komunikasi sosialisasi budaya organisasi yang diterapkan di PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan analisis dokumen. Analisis data yang digunakan mengikuti teknik yang dikembangkan Miles dan Huberman yang meliputi data reduction, data display dan confusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi yang diterpkan dan diyakini di PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya ada 3 yaitu customer focus. care dan integrity. Adapun strategi untuk menanamkan budaya organisasi tersebut melalui persyaratan penerimaan karyawan baru dan dibentuknya change agent.