Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi (Penelitian Tentang Pelatihan Pada Calon Tenaga Kerja Indonesia Di PT Tritama Bina Karya Malang)
Main Author: | Mokhtar, Nabilah Rizkia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5695/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Metode Pelatihan (X1), Materi Pelatihan (X2), Instruktur Pelatihan (X3) terhadap kompetensi Tenaga Kerja (Y) secara simultan dan parsial. Jenis pelatihan ini adalah explanatory research (penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif dan dilakukan dengan metode kuesioner. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan seperangkat pertanyaan tertulis kepada seluruh tenaga kerja PT Tritama Bina Karya Malang penyaluran jasa tenaga kerja yang berjumlah 106 orang dan berlokasi jalan Ki Ageng Gribig Kedungkandang, Kota Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan uji F (simultan) dan uji t (parsial). Berdasarkan uji F yang dilakukan dapat diketahui bahwa F hitung > F tabel yaitu 46,439 > 2,694 atau nilai sig. F (0,000) < α = 0.05 maka model analisis regresi adalah signifikan karena H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel terikat (Kompetensi Tenaga Kerja) dapat dipengaruhi secara signifikan oleh variabel bebas Metode Pelatihan, Materi Pelatihan, dan Instruktur Pelatihan secara simultan. Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa masing-masing variabel bebas (Metode Pelatihan, Materi Pelatihan, dan Instruktur Pelatihan) mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap variabel terikat (Kompetensi Tenaga Kerja). Karena t hitung > t tabel atau -t hitung < -t tabel maka hasilnya signifikan dan berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dibuktikan pada hasil uji t variabel Metode Pelatihan terhadap variabel Kompetensi Tenaga Kerja adalah 3,692 > 1,983 yang berarti bahwa Kompetensi Tenaga Kerja dapat dipengaruhi secara signifikan oleh Metode Pelatihan. Pada hasil uji t variabel Materi Pelatihan terhadap variabel Kompetensi Tenaga Kerja adalah 2,216 > 1,983 yang berarti bahwa Kompetensi Tenaga Kerja dapat dipengaruhi secara signifikan oleh Materi Pelatihan. Pada hasil uji t variabel Instruktur Pelatihan terhadap variabel Kompetensi Tenaga Kerja adalah 2,169 > 1,983 yang berarti bahwa Kompetensi Tenaga Kerja dapat dipengaruhi secara signifikan oleh Instruktur Pelatihan. Jadi dari ketiga variabel bebas (Metode Pelatihan, Materi Pelatihan, dan Instruktur Pelatihan) yang dominan mempengaruhi variabel terikat (Kompetensi Tenaga Kerja) adalah variabel Metode Pelatihan karena mempunyai t hitung paling besar yaitu 3,692.