Correlation Study between Students’ Reading Interest and Their Vocabulary Mastery in SMAN 5 Malang
Main Author: | Setiasari, Lidya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/569/1/BAGIAN%20DEPAN.pdf http://repository.ub.ac.id/569/2/BAB%20I.pdf http://repository.ub.ac.id/569/3/BAB%20II.pdf http://repository.ub.ac.id/569/4/BAB%20III.pdf http://repository.ub.ac.id/569/5/BAB%20IV.pdf http://repository.ub.ac.id/569/6/BAB%20V.pdf http://repository.ub.ac.id/569/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.ub.ac.id/569/ |
Daftar Isi:
- Kosakata adalah pengetahuan dasar untuk mengatasi empat keterampilan, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Siswa harus tahu banyak kosa kata agar lebih baik dalam bahasa Inggris. Untuk meningkatkan kosakata, siswa harus membaca lebih banyak teks dalam bahasa Inggris. Saat siswa membaca, mereka akan lebih mengenal kata-kata sehingga pengetahuan dan pemahaman mereka dalam kosa kata meningkat. Dengan demikian, peneliti bertanya-tanya bahwa minat baca mungkin berkorelasi dengan penguasaan kosakata. Tujuan penelitian korelasional ini adalah menyelidiki hubungan antara minat membaca, tingkat minat membaca, dan pencapaian penguasaan kosakata siswa. Peneliti menggunakan skala sikap untuk melihat minat membaca siswa dan tes kosakata sebagai instrumen untuk mengetahui pencapaian siswa dalam menguasai kosakata. Skala sikap terdiri dari 10 pernyataan sedangkan tes kosakata terdiri dari 30 pertanyaan yang dibagikan kepada 94 siswa kelas 11 kelas MIPA, SMAN 5 Malang. Hasilnya dihitung dengan menggunakan SPSS v.23. Temuan menunjukkan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Data menunjukkan bahwa minat membaca siswa berkorelasi dengan penguasaan kosakata mereka dimana nilai r lebih tinggi dari rtable (0,406> 0,2028). Angka 92 pada tingkat signifikansi 5%, lebih tinggi dari ttable (4,82> 1,98). Data menunjukan bahwa ada korelasi antara ketertarikan membaca siswa dan penguasaan kosakata pada level sedang. Oleh karena itu, disarankan agar para guru bahasa Inggris agar siswa dapat lebih aktif lagi dalam membaca tidak hanya membaca tentang buku hiburan seperti novel, atau buku cerita lainnya tapi juga buku akademis seperti buku yang digunakan di sekolah atau kamus. Kemudian, bagi peneliti selanjutnya, penelitian saat ini bisa dijadikan acuan untuk melakukan penelitian yang terkait namun di tempat atau variabel yang berbeda.