YouTube dan Pembentukan Identitas ( Analisis VLOG Awkarin, Rachel Vennya, Jovi Adhiguna, dan Abel Cantika)

Main Author: Azalia, Dinka Fairus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5666/
Daftar Isi:
  • Penggunaan internet saat ini sudah semakin pesat, termasuk penggunaan sosial media pada remaja. Salah satu sosial media yang sangat populer adalah YouTube. Pada penggunaan sosial media YouTube.Terdapat identitas baru saat para pengguna YouTube tersebut aktif mengunggah vlognya yakni sebagai seorang vlogger. Sebagai pengguna YouTube terbanyak, para remaja membangun identitas dirinya dan mendapatkan identitas sosialnya sebagai vlogger. Konsep dasar yang digunakan pada penelitian ini adalah Mass Self Communication yang di populerkan oleh Manuel Castells pada tahun 2009 , dan beberapa konsep yakni 10 hal fundamental pada konten dan 5 pengoptimalisasiam konten YouTube, serta konsep identitas. Penelitian ini dilakukan pada beberapa vlog dari 4 YouTuber indonesia, yakni Awkarin , Rachel Vennya, Jovi Adhiguna dan Abel Cantika. Keempat YouTuber tersebut dipilih karena memiliki banyak sekali subscribers dengan banyak komentar pada setiap videonya. Vlog yang diunggah oleh keempat YouTuber tersebut juga memiliki banyak jumlah views dan memiliki beberapa pengaruh pada penontonnya seperti gaya hidup. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode konten analisis. Konten analisis yang digunakan oleh peneliti adalah Ethnographic Content Analysis, dengan 11 tahapan yang diikuti oleh penulis. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang secara aktif dilakukan dan diciptakan oleh para YouTuber seperti adanya kolaborasi, percakapan dengan penonton, dan pengaturan hal-hal yang terkait dengan channel YouTube untuk mendapatkan identitasnya sebagai vlogger seperti anotasi, ikon channel, dan deskripsi yang mejelaskan channel YouTube itu sendiri