Reformasi Pelayanan Birokrasi Melalui Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 (Studi Pada Bidang Status Kepegawaian Dan Pensiun Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya)
Main Author: | Ramasari, Rizka Firdausi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5655/ |
ctrlnum |
5655 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/5655/</relation><title>Reformasi Pelayanan Birokrasi Melalui Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 (Studi Pada Bidang Status Kepegawaian Dan Pensiun Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya)</title><creator>Ramasari, Rizka Firdausi</creator><subject>352.63 Civil service system</subject><description>Pada era reformasi seperti sekarang ini, birokrasi sebagai bagian dari instrumen regulatif dan penyelenggara pelayanan publik di Indonesia dituntut untuk lebih akuntabel, responsif, efisien, dan efektif. Namun sayangnya, Berdasarkan survei terbaru yang dilakukan oleh lembaga konsultasi yang berbasis di Hongkong, yaitu Political and Economic Risk Consultancy (PERC), pada tahun 2010 tiga negara yang salah satunya adalah Indonesia menunjukkan performa birokrasi yang paling buruk di Asia. Hal ini juga didukung dengan Laporan Hasil Evaluasi (LHE) sistem akuntabilitas instansi pemerintah (SAKIP) tahun 2013 dimana evaluasi dilakukan terhadap 88 kementerian atau lembaga dan 33 pemerintah provinsi. Banyaknya instansi yang memperoleh predikat di bawah B mencerminkan bahwa sistem akuntabilitas yang ada pada birokrasi di instansi tersebut hanya sebatas memadai atau bahkan kurang baik, sehingga perlu dilakukan reformasi pelayanan pada birokrasi. Upaya yang dapat dilakukan sebagai langkah reformasi pelayanan birokrasi pada instansi yang ada di Indonesia adalah dengan menerapkan sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 yang merupakan sistem manajemen organisasi yang berfokus pada mutu dengan menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu sehingga diharapkan produk yang akan berkualitas baik (standar). Salah satu instansi yang mereformasi pelayanan birokrasinya dengan mengimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 adalah Badan Kepegawaian Negara Kanreg II Surabaya. Tulisan ini akan membahas tentang upaya Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya, khususnya pada bidang Status Kepegawaian dan Pensiun dalam mereformasi pelayanan yang ada pada birokrasinya melalui implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dan juga apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasinya. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif dengan dua fokus penelitian diantaranya proses reformasi pelayanan birokrasi melalui implementasi ISO 9001:2008 pada Bidang Status Kepegawaian dan Pensiun Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya dan faktor pendukung dan penghambat dari reformasi pelayanan birokrasi yang dilakukan melalui implementasi ISO 9001:2008 pada Bidang Status Kepegawaian dan Pensiun Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya. Sedangkan analisis data yang dilakukan adalah dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari proses Implementasi ISO 9001:2008 yang dilakukan oleh BKN Kanreg II dapat dilihat dari beberapa faktor diantaranya kemudahan dalam prosedur pembuatan atau perbaikan SK pensiun dan status kepegawaian, sikap dan keramahan para pegawai dalam memberikan layanan sudah sesuai dengan standar pelayanan yang ada, kecepatan dan ketepatan waktu pelayanan sudah cukup baik meskipun masih ada sedikit ketidakpuasan dari pengguna layanan karena adanya miskomunikasi, keterjangkauan dan kesesuaian biaya yang harus dikeluarkan penerima layanan sudah sesuai bahkan BKN Kanreg II Surabaya tidak memungut biaya sedikitpun dalam pemberian layanan, kelengkapan sarana prasarana penunjang pelayanan masih tetap sama karena tidak membutuhkan tambahan dalam pengimplementasian ISO 9001:2008, dan kinerja pegawai yang terus mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari indeks kepuasan masyarakat. Keberhasilan ini didukung dengan jumlah sumber daya manusia yang cukup dan komitmen pegawai yang kuat sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan, meskipun ada faktor penghambat yaitu kesalahan teknis dalam pada saat pemberian layanan. Keberhasilan reformasi pelayanan birokrasi melalui implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 merupakan harapan baru bagi BKN Kanreg II Surabaya untuk semakin meningkatkan kualitasnya sehingga kepuasan masyarakan selaku pengguna layanan dapat terpenuhi. Peningkatan ini dapat juga dilakukan dengan cara menerapkan reward and punishment, mengadakan pelatihan, meningkatkan ketelitian pegawai dan juga pemeliharaan inventaris.</description><date>2017-08-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Ramasari, Rizka Firdausi (2017) Reformasi Pelayanan Birokrasi Melalui Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 (Studi Pada Bidang Status Kepegawaian Dan Pensiun Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2017/1003/051710445</relation><recordID>5655</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Ramasari, Rizka Firdausi |
title |
Reformasi Pelayanan Birokrasi Melalui Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 (Studi Pada Bidang Status Kepegawaian Dan Pensiun Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya) |
publishDate |
2017 |
topic |
352.63 Civil service system |
url |
http://repository.ub.ac.id/5655/ |
contents |
Pada era reformasi seperti sekarang ini, birokrasi sebagai bagian dari instrumen regulatif dan penyelenggara pelayanan publik di Indonesia dituntut untuk lebih akuntabel, responsif, efisien, dan efektif. Namun sayangnya, Berdasarkan survei terbaru yang dilakukan oleh lembaga konsultasi yang berbasis di Hongkong, yaitu Political and Economic Risk Consultancy (PERC), pada tahun 2010 tiga negara yang salah satunya adalah Indonesia menunjukkan performa birokrasi yang paling buruk di Asia. Hal ini juga didukung dengan Laporan Hasil Evaluasi (LHE) sistem akuntabilitas instansi pemerintah (SAKIP) tahun 2013 dimana evaluasi dilakukan terhadap 88 kementerian atau lembaga dan 33 pemerintah provinsi. Banyaknya instansi yang memperoleh predikat di bawah B mencerminkan bahwa sistem akuntabilitas yang ada pada birokrasi di instansi tersebut hanya sebatas memadai atau bahkan kurang baik, sehingga perlu dilakukan reformasi pelayanan pada birokrasi. Upaya yang dapat dilakukan sebagai langkah reformasi pelayanan birokrasi pada instansi yang ada di Indonesia adalah dengan menerapkan sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 yang merupakan sistem manajemen organisasi yang berfokus pada mutu dengan menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu sehingga diharapkan produk yang akan berkualitas baik (standar). Salah satu instansi yang mereformasi pelayanan birokrasinya dengan mengimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 adalah Badan Kepegawaian Negara Kanreg II Surabaya. Tulisan ini akan membahas tentang upaya Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya, khususnya pada bidang Status Kepegawaian dan Pensiun dalam mereformasi pelayanan yang ada pada birokrasinya melalui implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dan juga apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasinya. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif dengan dua fokus penelitian diantaranya proses reformasi pelayanan birokrasi melalui implementasi ISO 9001:2008 pada Bidang Status Kepegawaian dan Pensiun Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya dan faktor pendukung dan penghambat dari reformasi pelayanan birokrasi yang dilakukan melalui implementasi ISO 9001:2008 pada Bidang Status Kepegawaian dan Pensiun Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya. Sedangkan analisis data yang dilakukan adalah dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari proses Implementasi ISO 9001:2008 yang dilakukan oleh BKN Kanreg II dapat dilihat dari beberapa faktor diantaranya kemudahan dalam prosedur pembuatan atau perbaikan SK pensiun dan status kepegawaian, sikap dan keramahan para pegawai dalam memberikan layanan sudah sesuai dengan standar pelayanan yang ada, kecepatan dan ketepatan waktu pelayanan sudah cukup baik meskipun masih ada sedikit ketidakpuasan dari pengguna layanan karena adanya miskomunikasi, keterjangkauan dan kesesuaian biaya yang harus dikeluarkan penerima layanan sudah sesuai bahkan BKN Kanreg II Surabaya tidak memungut biaya sedikitpun dalam pemberian layanan, kelengkapan sarana prasarana penunjang pelayanan masih tetap sama karena tidak membutuhkan tambahan dalam pengimplementasian ISO 9001:2008, dan kinerja pegawai yang terus mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari indeks kepuasan masyarakat. Keberhasilan ini didukung dengan jumlah sumber daya manusia yang cukup dan komitmen pegawai yang kuat sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan, meskipun ada faktor penghambat yaitu kesalahan teknis dalam pada saat pemberian layanan. Keberhasilan reformasi pelayanan birokrasi melalui implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 merupakan harapan baru bagi BKN Kanreg II Surabaya untuk semakin meningkatkan kualitasnya sehingga kepuasan masyarakan selaku pengguna layanan dapat terpenuhi. Peningkatan ini dapat juga dilakukan dengan cara menerapkan reward and punishment, mengadakan pelatihan, meningkatkan ketelitian pegawai dan juga pemeliharaan inventaris. |
id |
IOS4666.5655 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2018-01-19T18:32:40Z |
last_indexed |
2021-10-18T02:10:51Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751453619007258624 |
score |
17.538404 |