Impression Management Jokowi Sang Presiden dalam Youtube (Analisis Isi Kualitatif Akun YouTube Presiden Joko Widodo)
Main Author: | Anggraini, Nadia Vika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5634/ |
Daftar Isi:
- Kemajuan teknologi informasi juga menggiring perkembangan kajian ilmu komunikasi politik. Media politik yang digunakan pertama kali adalah televisi, namun saat ini berkembang dengan menggunakan media sosial. Komunikasi politik di era teknologi web 2.0 menjadikan aktor politik aktif untuk mengelola media sosial pribadinya. Presiden Joko Widodo atau yang lebih dikenal sebagai Jokowi mengikuti perkembangan media sosial salah satunya adalah YouTube. Jokowi memiliki YouTube pada tanggal 28 Mei 2016. Akun YouTube Presiden Joko Widodo ini berisikan berbagai konten seperti hobi yang dilakukannya, kunjungan pada pembangunan infrastruktur, kunjungan pada masyarakat, dan pertemuan dengan kepala negara. Dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada strategi impression management yang dilakukan oleh Jokowi pada akun YouTube-nya. Untuk mengetahui strategi impression management dilakukan melalui pembacaan kode komunikasi verbal dan kode komunikasi non verbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui vlog yang diunggah Jokowi, komunikasi non verbalnya lebih dominan secara kuantitas dibanding komunikasi verbalnya. Tetapi, beliau berusaha menyeimbangkan kedua kode tersebut melalui pemanfaatan fitur description box pada YouTube.