Pengaruh Terpaan Iklan Tokopedia Di Televisi Terhadap Brand Equity (Studi Eksplanatif Pada Mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya)”
Main Author: | Djatikesuma, Fuad Yusuf |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5630/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan Tokopedia di televisi terhadap brand equity. Iklan yang dijadikan objek adalah iklan yang beredar di televisi selama tahun 2016. Terdapat tiga versi yang diedarkan Tokopedia, yakni edisi “Isyana vs gangster”, edisi “berani memulai, berani berusaha”, edisi “rayakan kebebasanmu”. Terdapat dua variabel yang diolah peneliti yakni terpaan iklan (X) sebagai variabel dependen dan brand equity (Y) sebagai variabel independen. Terpaan iklan terbagi menjadi tiga dimensi diadopsi dari Wells, Burnet, & Moriarty (2000, h. 156) yakni frekuensi, intensitas, dan durasi. Sedangkan brand equity terbagi menjadi empat dimensi diadopsi dari Tjiptono (2005, h. 40) dan Durianto (2004, h. 4) yakni Brand awareness (kesadaran merek), brand association (asosiasi merek), perceived quality (persepsi kualitas), dan brand loyalty (kesetiaan merek). Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Survei dilakukan dengan menyebarkan atau membagikan kuesioner kepada responden yang merupakan mahasiswa yang masih aktif dalam perkuliahan di kampus FISIP Universitas Brawijaya Malang. Sampel penelitian ini adalah 100 mahasiswa yang didapatkan dari 6770 mahasiswa FISIP dan di hitung menggunakan rumus slovin. Responden diberi kuesioner serta dipandu dan diawasi dalam pengisian kuesioner. Teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling, sehingga peneliti menjumpai responden yang sedang ada di sekitar tempat penelitian. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi linier sederhana dan uji-t. Hasil data yang telah diolah menunjukan dari persamaan regresi linier sederhana didapatkan terpaan iklan Tokopedia di televisi sebesar 0,804. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Terpaan Iklan Tokopedia di televisi berpengaruh positif terhadap Brand Equity. Sedangkan dari nilai statistik uji t-hitung lebih besar daripada t-tabel (8,513 > 1,984) dan nilai signifikansi lebih kecil daripada α = 0,05. Pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa variabel Terpaan Iklan Tokopedia di televisi (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel Brand Equity (Y).