Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Daging Sapi Di Pasar Tradisional (Studi Kasus Di Pasar Kolpajung, Kota Pamekasan )
Main Author: | Mukminah, Yulyatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5548/ |
Daftar Isi:
- Daging sapi merupakan sumber protein hewani yang lebih baik di bandingkan dengan sumber protein nabati, karena daging sapi mengandung asam-asam amino esensial yang lebih lengkap dan seimbang serta lebih mudah dicerna. Khususnya di Kota Pamekasan konsumsi daging sapi semakin meningkat dan menyebabkan permintaan daging sapi juga akan semakin meningkat. Sehingga perlu dilakukan penelitian tentang karakteristik konsumen di pasar tradisional dalam pembelian daging sapi; perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian daging sapi; serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian daging sapi di pasar Kolpajung, Kota Pamekasan. Penelitian dilakukan di Pasar Kolpajung, Jalan Ronggosukowati, Kolpajung, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan pada tanggal 16 Maret 2017 sampai 16 April 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen di pasar tradisional dalam pembelian daging sapi, untuk mengetahui perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian daging sapi serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian daging sapi di pasar Kolpajung, Kota Pamekasan. Total sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 130 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey yaitu dengan melakukan pengumpulan data primer dengan cara berkunjung langsung ke pasar Kolpajung kemudian melakukan tanya jawab dengan konsumen sebagai responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling atau berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan responden dapat digunakan sebagai sample bila cocok digunakan sebagai sumber data berdasarkan pendapat tersebut. Kemudian peneliti memberikan kuisioner kepada responden yang berbentuk suatu pernyataan dan terdapat pilihan jawaban dari pernyataan tersebut. Hasil penelitan yang dilakukan diketahui bahwa pada uji validitas nilai r hitung > r tabel (0,1723) artinya setiap indikator variabel adalah valid. Uji reliabilitas memiliki nilai alpha cronbach untuk semua variabel ≥ 0,6 sehingga semua variabel yang digunakan untuk penelitian ini yaitu reliabel. Hasil nilai Kaiser-Meyer-Olkin (KMO), semua variabel ≥ 0,5 (KMO ≥ 0,50) maka nilai tersebut adalah signifikan. Hasil uji MSA anti-image, tidak terdapat komponen yang memiliki nilai korelasi < 0,5 sehingga semua indikator dapat dianalisis faktor. Hasil analisis faktor menyatakan bahwa komponen faktor pertama yang mempengaruhi keputusan pembelian memiliki nilai eigenvalues sebesar 4,392; nilai tersebut merupakan nilai terbesar sehingga faktor ini menerangkan keragaman data sebesar 25,834%. Berdasarkan uji asumsi klasik, hasil setiap uji sudah memenuhi syarat, sehingga dapat dilanjutkan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda situasional dan promosi; harga dan tempat; kondisi konsumen berdasarkan promosi dan produk; peraturan, budaya dan keluarga; dan karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian daging sapi di pasar Kolpajung. Didapat persamaan regresi Y = 15,798 + 0,934 F1 + 0,527 F2 + 0,885 F3 + 1,121 F4 + 0,678 F5 . Diperoleh nilai R Square (R2) sebesar 0,613 yang artinya keputusan pembelian daging sapi di pasar Kolpajung dipengaruhi oleh indeks situasional dan promosi; indeks harga dan tempat; indeks kondisi konsumen berdasarkan promosi dan produk; indeks peraturan, budaya dan keluarga; serta karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin sebesar 61,3 % sementara sisanya adalah sebesar 38,7 % dipengaruhi oleh indeks lain di luar penelitian ini. Hasil perhitungan 19,589 > 1,87 atau nilai Sig. F (0,000) < α = 0.05 dan juga 1,97912 dan Sig. (0,000) < 0,05 maka adanya pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian daging sapi di pasar Kolpajung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Karakteristik responden yang melakukan pembelian daging sapi di pasar Kolpajung, Kota Pamekasan yaitu ibu rumah tangga berumur 25 - 30 tahun lulusan SMA/Sederajat dengan pendapatan rumah tangga sebesar Rp. 1.500.000 - Rp. 2.500.000. Pengambilan keputusan pembelian daging sapi di pasar Kolpajung, lebih didasarkan adanya kesesuaian harga dan kualitas daging sapi dengan keinginan konsumen, dari pada indikator lainnya yaitu mencari variasi atau coba-coba; adanya kepuasan dari pembelian sebelumnya; serta tidak ada waktu untuk mencari alternatif. Keputusan konsumen dalam membeli daging sapi dipengaruhi terutama oleh variabel keluarga yang tergabung dalam indeks peraturan, budaya dan keluarga; sedangkan variabel lingkungan pasar tergabung dalam indeks situasional dan promosi; variabel kondisi konsumen tergabung dalam indeks kondisi konsumen berdasarkan promosi dan produk; serta konsumen wanita menjadi pertimbangan menjadi pertimbangan kedua bagi konsumen dalam pengambilan keputusan membeli daging sapi. Variabel persepsi berdasarkan harga produk yang tergabung dalam indeks harga produk dan tempat penjualan menjadi pertimbangan terakhir bagi konsumen dalam pengambilan keputusan membeli daging sapi.