Pengaruh Faktor Perilaku Dan Faktor Kontekstual Terhadap Niat Berwirausaha (Survei pada Mahasiswa Program Studi Bisnis Angkatan 2014 dan 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Telah Menempuh Mata Kuliah Kewirausahaan)
Main Author: | Rahmawati, Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5543/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara bersama sama variabel faktor perilaku (X1), dan faktor kontekstual (X2), terhadap niat berwirausaha; (2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial variabel faktor perilaku (X1), dan faktor kontekstual (X2), terhadap niat berwirausaha; (3)untuk mengetahui variabel yang dominan dari kedua variabel yang diteliti antara variabel faktor perilaku (X1), dan faktor kontekstual (X2) terhadap niat berwirausaha. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang diteliti meliputi variabel faktor perilaku, dan faktor kontekstual. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/mahasiswi Program Studi Bisnis Angkatan 2014 dan 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang telah menempuh mata kuliah kweirausahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 responden dengan instrumen penelitian kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Hasil analisis linier berganda menunjukkan bahwa variabel faktor perilaku (X1) memiliki pengaruh sebesar 0,278 , variabel faktor kontekstual (X2) mempengaruhi sebesar 0,218 , dan dapat disimpulkan bahwa variabel faktor perilaku dan variabel faktor kontekstual berpengaruh positif terhadap niat berwirausaha (Y). Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan secara bersama-sama antar variabel bebas dan variabel terikay dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 48,696 > 3,101. Berdasarkan hasil uji t di dapatkan hasil bahwa seluruh variabel bebas berpengaruh signifikan secara parsial yaitu variabel faktor perilaku (X1) memiliki nilai thitung>ttabel yaitu sebesar 4,754 > 1,988, variabel faktor kontekstual (X2) memiliki nilai thitung>ttabel yaitu sebesar 2,954 > 1,988. Hasil tersebut membuktikan bahwa faktor perilaku dan faktor kontekstual dapat mempengaruhi niat berwirausaha yang dalam hal ini adalah mahasiswa/mahasiswi Program Studi Bisnis Angkatan 2014 dan 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang telah menempuh mata kuliah kewirausahaan.