Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Pantai Balekambang Kabupaten Malang

Main Author: Aprilia, Eka Rosyidah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5520/1/Eka%20Rosyidah%C2%A0Aprilia.pdf
http://repository.ub.ac.id/5520/
Daftar Isi:
  • Industri pariwisata menghasilkan produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Produk wisata yang dapat memenuhi kebutuhan sesuai dengan harapan wisatawan dapat menciptakan kepuasan wisatawan. Pantai Balekambang di Kabupaten Malang merupakan destinasi yang menawarkan produk wisata berupa daya tarik wisata dan fasilitas layanan khususnya yang terus ditingkatkan guna menambah rasa nyaman wisatawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Daya Tarik Wisata (X1) dan Fasilitas Layanan (X2) secara bersama-sama terhadap Kepuasan (Y), pengaruh Daya Tarik Wisata (X1) terhadap Kepuasan (Y), dan pengaruh Fasilitas Layanan (X2) terhadap Kepuasan (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probobality sampling dengan cara simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan ke 113 wisatawan yang pernah berkunjung ke Pantai Balekambang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis yaitu uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Daya Tarik Wisata (X1) dan Fasilitas Layanan (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan, Daya Tarik Wisata (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Wisatawan, dan Fasilitas Layanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan. Nilai Fhitung > Ftabel yaitu 16,832 >3,08 menunjukkan bahwa hipotesis pertama yang menyatakan “terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara variabel daya tarik wisata dan fasilitas layanan terhadap kepuasan wisatawan di Pantai Balekambang” dapat diterima. Nilai thitung > ttabel yaitu 2,627 > 1,98177 menunjukkan bahwa hipotesis kedua yang menyatakan “terdapat pengaruh yang signifikan variabel daya tarik wisata terhadap kepuasan wisatawan di Pantai Balekambang” dapat diterima. Nilai thitung > ttabel yaitu 3,237 > 1,98177 menunjukkan bahwa hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan variabel fasilitas layanan terhadap kepuasan wisatawan di Pantai Balekambang” dapat diterima. Nilai R2 sebesar 0,234 menunjukkan bahwa 23,4% variabel Kepuasan (Y) dipengaruhi oleh variabel Daya Tarik Wisata (X1) dan Fasilitas Layanan (X2) sedangkan 76,6% kepuasan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.