Perusahaan Nasional dan Multinasional dalam Menjalin Hubungan dengan Publik Berdasarkan Budaya Lokal Indonesia (Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Strategi Komunikasi PT. Erindo Mandiri dan PT. Tirta Investama dalam Menjalin Hubungan dengan Publik Perusahaan)
Main Author: | Nurfadhillah, Halimatus Sa'diyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5515/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan perusahan di Indonesia baik nasional maupun multinasional dalam menjalin hubungan dengan publiknya dengan berdasarkan budaya lokal sekitar. Berdasarkan pada literatur, penelitian terdahulu, dan wawancara pendahuluan, aspek budaya merupakan faktor penting yang perlu untuk diperhatikan oleh perusahaan dalam menjalin hubungan dengan publiknya. Kesesuaian strategi komunikasi dengan budaya lokal menjadi penentu keberhasilan dalam menjalin hubungan publik perusahaan. Sementara itu, budaya lokal masyarakat Indonesia telah mengalami akulturasi dan asimilasi dengan nilai Islam. Dengan demikian, kesesuaian strategi komunikasi yang dilakukan perusahaan di Indonesia dengan nilai-nilai Islam adalah bentuk penyesuaian dengan budaya lokal yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruktivis. Melalui metode wawancara mendalam, peneliti menggali data kualitatif terkait strategi komunikasi yang dilakukan perusahaan PT. Erindo Mandiri sebagai perusahaan nasional dan PT. Tirta Investama sebagai perusahaan multinasional dalam menjalin hubungan dengan publiknya. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan data di lapangan, terdapat empat proposisi dalam penelitian ini, yaitu budaya lokal menentukan cara pendekatan perusahaan terhadap publiknya, cara pendekatan perusahaan menunjukkan faktor penting bagi perusahaan dalam menjalin hubungan, budaya organisasi memengaruhi tindakan perusahaan dalam menyelesaikan masalah, dan sarana komunikasi perusahaan menunjukkan pandangan perusahaan terhadap pentingnya pendapat publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian antara cara pendekatan yang dilakukan perusahaan dengan konsep silaturahmi dalam Islam dengan memberikan bantuan, melakukan kunjungan, dan menebarkan salam. Selain itu, dalam menjalin hubungan dengan publik perusahaan dipandang informan sebagai tindakan yang harus dilakukan secara berkelanjutan seperti keutaman silaturahmi dalam Islam.