Analisis Pengendalian Kualitas Produk Kecap Manis Organik (Studi Kasus Pada Kelompok Wanita Tani Vigur Organik)
Main Author: | Faradilla, Fiqi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5474/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan industri kecap yang terus meningkat telah menimbulkan persaingan dalam menawarkan produk sejenis dengan kualitas yang baik serta daya saing tinggi. Dengan adanya persaingan yang ketat mendorong perusahaan membuat strategi untuk memperoleh cara yang efektif dan efisien dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan. Kualitas menjadi dasar keputusan konsumen dalam memilih produk.Vigur Organik merupakan salah satu industri rumah tangga yang mengelola berbagai jenis produk olahan seperti kecap manis organik. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis jenis-jenis kerusakan, nilai kerusakan produksi dalam batas kendali pelaksanaan pengendalian kualitas kecap manis organik berdasarkan persepsi produsen di Vigur Organik, menganalisis faktor-faktor penyebab kerusakan atau cacat produk dalam proses produksi kecap manis organik di Vigur Organik, menganalisis harapan konsumen terhadap kualitas kecap manis organik ViO dan respon teknik yang perlu ditingkatkan oleh Vigur Organik dalam memenuhi harapan konsumen terhadap kualitas produk kecap manis organik ViO. Penelitian ini menggunakan alat analisis yaitu Statistical Quality Control (SQC) dan House Of Quality (HOQ). Analisis Statistical Quality Control (SQC) terdiri dari lembar pengecekan (check sheet), p-chart dan diagram sebab akibat (fishbone). Berdasarkan hasil dari lembar pengecekan didapatkan hasil jenis kerusakan pada produk kecap manis organik ViO yaitu pengkristalan dan berbuih. Analisis p-chart menunjukan bahwa terjadi kerusakan sebesar 16,48% yang berada diluar batas kendali dan 83,52% berada didalam batas kendali kerusakan. Kemudian hasil dari diagram sebab akibat menunjukan bahwa salah satu penyebab terjadinya kerusakan pengkristalan dan berbuih berasal dari lingkungan, bahan baku gula aren, manusia, mesin dan metode penyimpanan produk. Analisis House Of Quality (HOQ) berdasarkan harapan konsumen terhadap produk kecap manis organik ViO yaitu konsumen menginginkan harga Rp. 14.000 – 15.000 dengan rasa kecap yang cukup manis, warna kecap hitam pekat, aroma kedelai yang khas dari kecap, dengan tingkat kekentalan sedang, kemasan berbotol plastik, kemudian daya simpan 3 – 6 bulan dan legalitas produk lengkap yaitu label halal, BPPOM serta informasi nilai gizi. Pada respon teknik mempertahankan rasa, warna dan aroma asli, bahan baku berkualitas, penyesuaian harga, pengawasan proses pemasakan, kemasan lebih menarik dan meningkatkan keamanan produk.