Pengaruh Pesan dalam Iklan Layanan Masyarakat Anti Rokok Terhadap Purchase Intention ( Studi Elaboration Likelihood Model pada Perokok Aktif)

Main Author: man, Us
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5461/
Daftar Isi:
  • Elaboration Likelihood Model merupakan sebuah model yang mempredikasi kapan dan bagaimana individu akan terpersuasi. Model yang dikembangkan oleh Petty dan Cacioppo ini mengasumsikan bahwa ada dua rute yang dapat digunakan individu dalam memproses pesan, yaitu rute sentral dan rute periferal. Ketika individu berhati-hati dan memikirkan pesan akan cenderung memproses pesan melalui rute sentral, sebaliknya ketika individu tidak berhatihati dan tidak memperhatikan pesan akan memperhatikan isyarat periferal Penelitian ini menggunakan Elaboration Likelihood Model untuk menjelaskan pengaruh pesan Iklan Layanan Masyarakat Anti Rokok “Robby” terhadap Purchase Intention terhadap perokok aktiv. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dari paradigma positivistik. Jenis penelitian adalah adalah eksperimental dengan membagi responden menjadi dua kelompok ekperimen dan kontrol. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 orang perokok aktiv yang mempunyai usia antara 18-25 tahun. Hasil uji hipotesis independent sample T-test menunjukkan terdapat pengaruh pesan Iklan Layanan Masyarakat Anti Rokok “Robby” terhadap Purchase Intention. Hasil analisis menyimpulkan bahwa purchase intention sebagai perubahan keinginan bersifat lebih permanen karena lebih cenderung diproses pada rute sentral. Sehingga perubahan sikap yang akan ditimbulkan akan lebih mengarah pada positif