Pengaruh Social Media Marketing Melalui Akun Instagram Starbucks Indonesia Terhadap Minat Pembelian Followers Akun Instagram Starbucks Indonesia

Main Author: Rahmawati, Widya Asri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5353/
Daftar Isi:
  • Social Media Marketing (SMM) merupakan upaya menggunakan social media untuk membujuk konsumen tentang produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan (Neti, 2013, h.3). Beberapa penelitian menghasilkan temuan bahwa SMM berpengaruh signifikan terhadap meningkatnya Minat Pembelian, Namun pada penelitian tersebut hanya sebatas pada social media Facebook, Twitter, dan LINE. Pada penelitian ini akan lebih mengarah pada penggunaan Instagram dikarenakan social media Instagram saat ini telah menjadi alat pemasaran yang digemari untuk membantu sebuah brand menjangkau sejumlah besar pengguna (Despard, 2015, h.4., Goor, 2012, h.4). Terbukti bahwa ada 22 juta pengguna aktif Instagram di Indonesia, karena kepopuleran Instagram tersebut para pemasar sangat tertarik untuk menggunakan instagram sebagai media bisnis mereka (Fajrina, 2016., Wally & Koshy, 2014, h.2). Namun masih belum ada penelitian secara langsung mengenai SMM melalui social media Instagram terhadap Minat Pembelian. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh SMM melalui Instagram terhadap Minat Pembelian para followers. Sebagai variabel independen yaitu SMM (X) yang terdiri dari 5 indikator (entertainment, cuztomization, interaction, word of mouth, dan trend). Sebagai variabel dependen yaitu Minat Pembelian (Y) yang terdiri dari 3 indikator (minat, keinginan, rekomendasi). Diduga bahwa SMM memiliki pengaruh terhadap Minat Pembelian. Penelitian ini berfokus pada SMM yang dilakukan melalui akun Instagram Starbucks Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang memang menggunakan social media sebagai strategi pemasaran mereka. Responden dalam penelitian ini adalah para followers akun Instagram Starbucks Indonesia. Hasil penelitian menggunakan analisis data regresi sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara SMM yang dilakukan melalui akun Instagram terhadap Minat Pembelian para followers. Penelitian ini menemukan bahwa followers mendapatkan kemudahan dalam pencarian informasi sesuai yang mereka inginkan serta kemudahan penggunaan instagram kapan saja dan dimana saja. Followers menjadi lebih mudah mengumpulkan informasi terkait produk yang ditawarkan oleh Starbucks melalui akun Instagram mereka, hal ini menjadi salah satu yang meningkatkan Minat Pembelian para followers terhadap produk yang ditawarkan Starbucks melalui social media Instagram.