Representasi Maskulinitas dan Feminitas Tokoh Ayah dalam Iklan PepsiCo Berjudul把乐带回家bǎ lè dài huíjiā

Main Author: Nafsana, Moh. Zakki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/535/1/MOH.%20ZAKKI%20NAFSANA%20.pdf
http://repository.ub.ac.id/535/
Daftar Isi:
  • Iklan merupakan bentuk komunikasi yang bertujuan untuk mempengaruhi massa. Gender merupakan hal yang paling sering ditampilkan dalam sebuah iklan yaitu maskulinitas dan feminitas. Objek penelitian ini adalah iklan yang berjudul把乐带回家bǎ lè dài huíjiā yang diproduksi oleh PepsiCo. PepsiCo merupakan perusahaan makanan dan minuman internasional yang menggunakan konsep gender dalam iklan-iklannya. Penelitian ini membahas 2 masalah yaitu bagaimana representasi maskulinitas tokoh ayah dan bagaimana representasi feminitas tokoh ayah dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan representasi gender tokoh ayah. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat 12 kepribadian yang menunjukkan maskulinitas tokoh ayah dari 20 kepribadian menurut teori Bem. Sisi feminitas yang ditampilkan dalam tokoh ayah terdiri atas 7 kepribadian dari 20 kepribadian menurut Bem.