Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei Pada Mahasiswa Fakulta Silmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)

Main Author: Saputra, Setiawan Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5344/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena kualitas produk yang terdapat di iPhone sangat mengesankan jika dibandingkan dengan merk smartphone lain. Seseorang memutuskan membeli smartphone khususnya iPhone didasari oleh beberapa alasan salah satunya adalah kualitas produk, hal tersebut akan berdampak pada kepuasan yang dirasakan konsumen. Market share iPhone terus mengalami peningkatan setiap tahunnya dan hanya mengalami penurunan satu kali ditahun 2016. Hal ini yang menjadi alas an untuk melakukan penelitian tentang keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratori dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan produk iPhone dan sebanyak 104 orang responden yang dijadikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Path Analays. Hasil penelitian menunjukkan bahwakualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai (p = 0,000 < 0,05) dan nilai koefisien sebesar 0,381, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai (p = 0,000 < 0,05) dan nilai koefisien sebesar 0,477, kemudian keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai (p = 0,000 < 0,05) dan nilai koefisien sebesar 0,428.