Iklan Korporat dan Peran Strategis Public Relations (Studi Deskriptif Kualitatif: Pemanfaatan Iklan Korporat pada Perusahaan Bank Tabungan Negara (BTN) dan Perusahaan Gaga Foods)
Main Author: | Alvigayani,, Cheryl |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/533/1/Cheryl%C2%A0Alvigayani.pdf http://repository.ub.ac.id/533/ |
Daftar Isi:
- Iklan Korporat merupakan salah satu aktivitas Public Relations yang memiliki keterkaitan dengan citra perusahaan. Meskipun demikian, masih ada praktisi Public Relations yang tidak memanfaatkan iklan korporat sesuai dengan tujuan dan manfaat dari iklan korporat itu sendiri. Peneliti juga menemukan perusahaan lain yang memanfaatkan iklan korporat yang bertujuan murni untuk citra, namun tidak dijalani oleh praktisi Public Relations. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti pemanfaatan iklan korporat pada perusahaan. Lokasi penelitian ini dilakukan di dua perusahaan yaitu perusahaan Bank Tabungan Negara Tbk dan perusahaan Gaga Foods. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dihasilkan dari informan penelitian ini yaitu Corporate Secretary perusahaan Bank Tabungan Negara Tbk dan Key Account perusahaan Gaga Foods, selain itu untuk menguji keabsahan data dari penelitian ini peneliti menggunakan sumber data sekunder yaitu melakukan wawancara dengan publik dari kedua perusahaan tersebut. Penelitian ini berjenis interpretatif dengan metode kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa key account Gaga Foods memanfaatkan iklan korporat untuk menjaga hubungan antara perusahaan dengan publiknya, berbeda dengan praktisi Public Relations yang memanfaatkan iklan korporat untuk promosi produk jasa yang dimiliki. Selain itu, peneliti menemukan bahwa latar belakang yang menjalani peran sebagai Public Relations tidak memiliki keterkaitan dengan pemanfaatannya terkait iklan korporat.