Media Relations Organisasi Nonprofit (Studi Kualitatif Deskriptif Aktivitas Dan Strategi Media Relations Profauna Indonesia Dalam Membangun Relasi Dengan Wartawan Aji Malang)
Main Author: | Ferryza, Efrilda Christy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5317/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan strategi media relations di organisasi nonprofit dalam menjalin relasi dengan wartawan. Hal ini penting untuk diteliti dikarenakan adanya fenomena semakin menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap organisasi nonprofit dari tahun-ketahun yang dibuktikan dengan adanya riset dari Edelman PR. PROFAUNA Indonesia sebagai salah satu organisasi nonprofit pada akhirnya mulai memperhatikan pentingnya media relations dengan menerapkan aktivitas media relations yang ditunjang dengan strategi. AJI Malang merupakan salah satu organisasi profesi yang semenjak berdirinya aktif berhubungan dengan PROFAUNA, namun hingga saat ini masih ditemukan adanya perbedaan persepsi antara organisasi dengan wartawan dalam pentingnya pelaksanaan media relations. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara semi terstruktur. Melalui pengumpulan data tersebut, penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data filling system. Data yang telah terkumpul melalui proses wawancara, hasil observasi, dan dokumentasi dianalisis oleh peneliti secara deskriptif. Analisis tersebut dilakukan dengan cara menghubungkan antara konsep dengan data empiris sesuai dengan temuan di lapangan, sesuai dengan kategori-kategori yang muncul dari fokus penelitian, sehingga dapat memberikan jawaban atau referensi atas fenomena yang ada di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media relations di PROFAUNA dilakukan oleh divisi campaign officer dan pelaksanaan beberapa aktivitas media relations ditunjang dengan empat strategi yang menjadi keunikan PROFAUNA Indonesia. Perpaduan antara aktivitas dan strategi media relations menghasilkan kepuasan wartawan dari pelaksanaan media relations di organisasi nonprofit yang berdampak pada publisitas maksimal untuk organisasi.