A Marker-Based Cyber Physical Augmented-Reality Guidance System
Main Author: | Subakti, Hanas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5316/ |
Daftar Isi:
- Mahasiswa baru membutuhkan suatu system untuk memandunya mengelilingi gedung di lingkungan baru mereka. Dengan bertambah canggihnya teknologi perangkat Mobile, sebuah sistem pemandu menggunakan perangkat Mobile Computing seperti smartphone atau Tablet bisa membantu mahasiswa baru dalam mencari lokasi tujuan yang mereka cari dengan mudah. Belakangan ini, Cyber-Physical System (CPS) menjadi popular karena CPS dapat menghubungkan lingkungan fisik kita dengan lingkungan cyber. Beberapa penelitian saat ini mendesain sistem pemandu dengan menggunakan Pedestrian Dead Reckoning (PDR) [KAN15], PDR with Google Map [CZO15], and PDR with Augmented reality (AR) [LOW15]. Penelitian-penelitian tersebut tidak menghubungkan lingkungan fisik dan cyber untuk memonitor lokasi banyak orang dalam satu bangunan atau gedung. Penelitian ini akan membahas desain dari sebuah sistem pemandu berbasis Marker Cyber-Physical Augmented Reality. Sebuah aplikasi android bernama Engfi Gate system dibuat untuk merealisasikan desain. Sistem ini terdiri dari interaksi berbasis Marker Cyber- Physical, Indoor positioning dan AR subsistem. Peran interaksi berbasis Marker Cyber Physical yaitu untuk memberikan pengalaman yang baru di dalam sistem pemandu ketika dikombinasikan dengan Indoor Positioning dan AR subsystem. Engfi Gate system mempunyai dua AR mode operasi sebagai pilihan untuk user. Untuk mengevaluasi Engfi Gate system, kami membandingkannya dengan penelitianpenelitian yang terkait, mengukur akurasi Indoor Positioning, dan mengevaluasi dua jenis AR mode operasi. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa Engfi Gate system tidak hanya mempunyai performa yang bagus, tetapi juga memberikan fitur lebih banyak dan pilihan mode operasi penggunaan. Lebih jauh lagi, desain arsitektur dari Engfi Gate system bisa digunakan di dalam aplikasi yang berbasis lokasi indoor dan sistem pemandu.