Penggunaan Metode Active Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tata Bahasa Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang

Main Author: Faradini, Rezza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/531/1/Rezza%20Faradini.pdf
http://repository.ub.ac.id/531/
ctrlnum 531
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/531/</relation><title>Penggunaan Metode Active Learning dalam&#xD; Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tata Bahasa&#xD; Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang.</title><creator>Faradini, Rezza</creator><subject>495.6 Japanese</subject><description>Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang dipelajari di&#xD; beberapa sekolah Indonesia. Dalam mempelajari bahasa tidak lepas dari&#xD; pembelajaran tata bahasa. Siswa kelas X MIPA 6F2 dalam pembelajaran tata&#xD; bahasa Jepang masih kurang antusias dan aktif ketika proses belajar mengajar&#xD; berlangsung. Oleh karena itu, penggunaan metode active learning dapat&#xD; digunakan sebagai alternatif dalam penyampaian materi tata bahasa Jepang.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode&#xD; active learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X&#xD; MIPA 6F2 dalam pembelajaran tata bahasa Jepang.&#xD; Jenis penelitiannya yaitu penelitian eksperimen one group pretest posttest&#xD; design dengan metode penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam&#xD; penelitian ini yaitu lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa, tes untuk&#xD; mengetahui hasil belajar siswa dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa&#xD; ketika menggunakan metode active learning dalam pemebelajaran tata bahasa&#xD; Jepang. Sampel penelitian berjumlah 31 siswa.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode active learning&#xD; dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa serta mendapat tanggapan&#xD; positif dari siswa. Dalam pencapaian keaktifan siswa dapat diketahui dari rata-rata&#xD; hasil obeservasi pada pertemuan pertama sebesar 57,56% dan pada pertemuan&#xD; kedua sebesar 54,79% dengan kategori baik. Sedangkan pencapaian hasil belajar&#xD; dapat diketahui dari meningkatnya rata-rata perolehan hasil belajar dari 22,35&#xD; menjadi 80,87. Selain itu, uji t menunjukkan t hitung&gt; t tabel yaitu 19,236 &gt; 2,042.&#xD; Tanggapan siswa dapat dilihat dari hasil perhitungan angket yaitu sebesar 87,58%&#xD; dengan kategori sangat kuat.</description><date>2017-07-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/531/1/Rezza%20Faradini.pdf</identifier><identifier> Faradini, Rezza (2017) Penggunaan Metode Active Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tata Bahasa Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2017/357/051705492.</relation><recordID>531</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Faradini, Rezza
title Penggunaan Metode Active Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tata Bahasa Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang
publishDate 2017
topic 495.6 Japanese
url http://repository.ub.ac.id/531/1/Rezza%20Faradini.pdf
http://repository.ub.ac.id/531/
contents Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang dipelajari di beberapa sekolah Indonesia. Dalam mempelajari bahasa tidak lepas dari pembelajaran tata bahasa. Siswa kelas X MIPA 6F2 dalam pembelajaran tata bahasa Jepang masih kurang antusias dan aktif ketika proses belajar mengajar berlangsung. Oleh karena itu, penggunaan metode active learning dapat digunakan sebagai alternatif dalam penyampaian materi tata bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode active learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X MIPA 6F2 dalam pembelajaran tata bahasa Jepang. Jenis penelitiannya yaitu penelitian eksperimen one group pretest posttest design dengan metode penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa ketika menggunakan metode active learning dalam pemebelajaran tata bahasa Jepang. Sampel penelitian berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode active learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa serta mendapat tanggapan positif dari siswa. Dalam pencapaian keaktifan siswa dapat diketahui dari rata-rata hasil obeservasi pada pertemuan pertama sebesar 57,56% dan pada pertemuan kedua sebesar 54,79% dengan kategori baik. Sedangkan pencapaian hasil belajar dapat diketahui dari meningkatnya rata-rata perolehan hasil belajar dari 22,35 menjadi 80,87. Selain itu, uji t menunjukkan t hitung> t tabel yaitu 19,236 > 2,042. Tanggapan siswa dapat dilihat dari hasil perhitungan angket yaitu sebesar 87,58% dengan kategori sangat kuat.
id IOS4666.531
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2017-10-03T09:48:37Z
last_indexed 2021-10-18T02:06:39Z
recordtype dc
_version_ 1730142654560206848
score 17.538404