Penggunaan Metode Active Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tata Bahasa Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang
Main Author: | Faradini, Rezza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/531/1/Rezza%20Faradini.pdf http://repository.ub.ac.id/531/ |
ctrlnum |
531 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/531/</relation><title>Penggunaan Metode Active Learning dalam
Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tata Bahasa
Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang.</title><creator>Faradini, Rezza</creator><subject>495.6 Japanese</subject><description>Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang dipelajari di
beberapa sekolah Indonesia. Dalam mempelajari bahasa tidak lepas dari
pembelajaran tata bahasa. Siswa kelas X MIPA 6F2 dalam pembelajaran tata
bahasa Jepang masih kurang antusias dan aktif ketika proses belajar mengajar
berlangsung. Oleh karena itu, penggunaan metode active learning dapat
digunakan sebagai alternatif dalam penyampaian materi tata bahasa Jepang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode
active learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X
MIPA 6F2 dalam pembelajaran tata bahasa Jepang.
Jenis penelitiannya yaitu penelitian eksperimen one group pretest posttest
design dengan metode penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa, tes untuk
mengetahui hasil belajar siswa dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa
ketika menggunakan metode active learning dalam pemebelajaran tata bahasa
Jepang. Sampel penelitian berjumlah 31 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode active learning
dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa serta mendapat tanggapan
positif dari siswa. Dalam pencapaian keaktifan siswa dapat diketahui dari rata-rata
hasil obeservasi pada pertemuan pertama sebesar 57,56% dan pada pertemuan
kedua sebesar 54,79% dengan kategori baik. Sedangkan pencapaian hasil belajar
dapat diketahui dari meningkatnya rata-rata perolehan hasil belajar dari 22,35
menjadi 80,87. Selain itu, uji t menunjukkan t hitung> t tabel yaitu 19,236 > 2,042.
Tanggapan siswa dapat dilihat dari hasil perhitungan angket yaitu sebesar 87,58%
dengan kategori sangat kuat.</description><date>2017-07-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/531/1/Rezza%20Faradini.pdf</identifier><identifier> Faradini, Rezza (2017) Penggunaan Metode Active Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tata Bahasa Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2017/357/051705492.</relation><recordID>531</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Faradini, Rezza |
title |
Penggunaan Metode Active Learning dalam
Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tata Bahasa
Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang |
publishDate |
2017 |
topic |
495.6 Japanese |
url |
http://repository.ub.ac.id/531/1/Rezza%20Faradini.pdf http://repository.ub.ac.id/531/ |
contents |
Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang dipelajari di
beberapa sekolah Indonesia. Dalam mempelajari bahasa tidak lepas dari
pembelajaran tata bahasa. Siswa kelas X MIPA 6F2 dalam pembelajaran tata
bahasa Jepang masih kurang antusias dan aktif ketika proses belajar mengajar
berlangsung. Oleh karena itu, penggunaan metode active learning dapat
digunakan sebagai alternatif dalam penyampaian materi tata bahasa Jepang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode
active learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X
MIPA 6F2 dalam pembelajaran tata bahasa Jepang.
Jenis penelitiannya yaitu penelitian eksperimen one group pretest posttest
design dengan metode penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa, tes untuk
mengetahui hasil belajar siswa dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa
ketika menggunakan metode active learning dalam pemebelajaran tata bahasa
Jepang. Sampel penelitian berjumlah 31 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode active learning
dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa serta mendapat tanggapan
positif dari siswa. Dalam pencapaian keaktifan siswa dapat diketahui dari rata-rata
hasil obeservasi pada pertemuan pertama sebesar 57,56% dan pada pertemuan
kedua sebesar 54,79% dengan kategori baik. Sedangkan pencapaian hasil belajar
dapat diketahui dari meningkatnya rata-rata perolehan hasil belajar dari 22,35
menjadi 80,87. Selain itu, uji t menunjukkan t hitung> t tabel yaitu 19,236 > 2,042.
Tanggapan siswa dapat dilihat dari hasil perhitungan angket yaitu sebesar 87,58%
dengan kategori sangat kuat. |
id |
IOS4666.531 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2017-10-03T09:48:37Z |
last_indexed |
2021-10-18T02:06:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1730142654560206848 |
score |
17.538404 |