Analisis Kinerja Unit Usaha Simpan Pinjam Pada Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Sentosa Abadi Desa Waruk Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan

Main Author: Pertiwi, Inggit
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5264/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja unit usaha Simpan Pinjam BUM Desa Sentosa Abadi berdasarkan pengukuran yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard, dan untuk mengidentifikasi kontribusi yang diberikan oleh unit usaha Simpan Pinjam terhadap pendapatan asli desa (PADesa). Penelitian ini dilakukan pada unit usaha Simpan Pinjam BUM Desa Sentosa Abadi yang terletak di Desa Waruk, Kecamatan Karangbinangun, Kabupaten Lamongan. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa BUM Desa Sentosa Abadi termasuk ke dalam 10 BUM Desa terbaik se-Jawa Timur menurut BAPEMAS Provinsi Jawa Timur, dan unit usaha Simpan Pinjam merupakan unit yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Waruk. Penelitian dilakukan selama bulan Maret 2017. Penelitian ini menggunakan metode Balanced Scorecard yang dilihat dari 4 perspektif, yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Pendekatan yang digunakan adalah campuran atau mixed method, yaitu kombinasi antara metode kuantitatif dan kualitatif. Data-data penelitian yang telah dikumpulkan selanjutnya akan dianalisa baik secara kuantitatif maupun kualitatif dan akan dideskripsikan untuk memberikan gambaran secara objektif berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di lapang. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang dikumpulkan dengan cara praktek kerja langsung, diskusi dan wawancara, dokumentasi serta pengumpulan data sekunder dari instansi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unit usaha Simpan Pinjam memiliki kinerja yang baik apabila diukur menggunakan Balanced Scorecard. Pengukuran dilakukan pada 4 perspektif, yaitu (1) Keuangan, kinerja unit usaha Simpan Pinjam pada perspektif ini dinilai cukup baik. Pengukuran kinerja dilakukan dengan menghitung ROA, dan ROE selama 3 tahun terakhir. Nilai ROA mengalami fluktuasi, sedangkan ROE mengalami peningkatan. (2) Pelanggan, kinerja unit usaha Simpan Pinjam pada perspektif ini dinilai cukup baik. Pengukuran kinerja dilakukan dengan menghitung akuisisi pelanggan, kepuasan pelanggan dan reputasi unit usaha. Persentase akuisisi pelanggan selama 3 tahun terakhir mengalami fluktuasi namun lebih cenderung menurun, kepuasan pelanggan dan reputasi unit usaha dinilai baik karena total skor yang didapatkan masuk ke dalam kriteria „baik‟. (3) Proses bisnis internal, kinerja unit usaha Simpan Pinjam pada perspektif ini dinilai baik. Pengukuran kinerja dilakukan dengan melihat layanan purna jual pada unit usaha Simpan Pinjam. Layanan purna jual yang dilakukan berupa meringkas surat menyurat yang diperlukan oleh peminjam, kemudahan pembayaran cicilan, keringanan waktu bagi pelanggan yang menunggak, serta pemberian hadiah saat RAT bagi pelanggan yang aktif dan selalu tepat waktu. (4) Pembelajaran dan pertumbuhan, kinerja unit usaha Simpan Pinjam pada perspektif ini dinilai baik. Penilaian kinerja dilakukan dengan menghitung kapabilitas pegawai dan produktivitas pegawai. Persentase kapabilitas ii pegawai meningkat selama 3 tahun terakhir dan produktivitas pegawai juga mengalami peningkatan. Selanjutnya, kontribusi yang diberikan oleh unit usaha Simpan Pinjam BUM Desa Sentosa Abadi kepada pendapatan asli desa (PADesa) adalah dengan memberikan 10% dari SHU yang didapatkan. Persentase pemberian sumbangan kepada PADesa tercantum dalam Anggaran Dasar (AD) BUM Desa Sentosa Abadi BAB XII Pasal 13 tentang Sisa Hasil Usaha. Sumbangan tersebut diberikan pada saat pelaksanaan Rapat Akhir Tahun (RAT).