Pengaruh Destination Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Museum Angkut Kota Batu

Main Author: Redita, Rizky
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5263/
Daftar Isi:
  • Kota Batu terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya, baik wisata alam, wisata buatan, maupun wisata budaya. Salah satu wisata buatan yang ada di Kota Batu yaitu Museum Angkut. Museum Angkut memberikan harga tiket masuk yang tinggi namun masih mampu bersaing dengan semakin dikenal dan banyaknya wisatawan yang datang. Agar dapat mempertahankannya, ada beberapa faktor yang diperlukan misalnya Destination Image yang baik dari wisatawan dan Kualitas Pelayanan yang baik harus ditingkatkan yang tentu saja dapat mempengaruhi Kepuasan Wisatawan setiap saat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Destination Image (X1) dan Kualitas Pelayanan(X2) secara bersama-sama dan parsial terhadap Kepuasan Wisatawan (Y). Jenis penelitian yang digunakan ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 113 wisatawan domestik dengan usia minimal 17 tahun, yang berkunjung ke Museum Angkut Kota Batu untuk berwisata. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan cara purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis yaitu uji F (bersama-sama) dan uji t (parsial) dengan menggunakan software SPSS for windows versi 21,00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Destination Image (X1) dan Kualitas Pelayanan(X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan (Y). Nilai Signifikansi F sebesar 0,000 dimana nilai Sig. F 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa H0 ditolak, dan hipotesis pertama yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama dari variabel Destination Image (X1) dan Kualitas Pelayanan(X2) terhadap Kepuasan Wisatawan (Y) dapat diterima. Selanjutnya, secara parsial variabel Destination Image (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan (Y) dan Kualitas Pelayanan(X2) berpengaruh tetapi tidak signifikan variabel terhadap Kepuasan Wisatawan (Y). Nilai Sig. t variabel Destination Image (X1) adalah 0,000 dimana Sig. t0,000 < 0,05 menunjukkan H0 ditolak dan hipotesis kedua diterima sedangkan variabel Kualitas Pelayanan(X2) adalah 0,260 dimana Sig. t0,000 < 0,05 menunjukkan H0 diterima dan hipotesis ketiga ditolak. Sementara Nilai R square sebesar 0,416 yang menunjukkan variabel Destination Image dan Kualitas Pelayanan mempengaruhi Kepuasan Wisatawan adalah sebesar 41,6%, sementara 58,4% lainnya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.