Analisis Pengaruh Harga Produk Dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Keripik Semangka Di UD. AGF Kota Batu

Main Author: Elkana, William
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5252/
Daftar Isi:
  • Pengembangan agroindustri di Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar, bahkan dapat menjadi sektor unggulan dalam pembangunan nasional. Agroindustri memberikan sumbangan yang cukup besar bagi perekonomian nasional dan mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Agroindustri juga berperan dalam penyediaan pangan masyarakat, sehingga menunjang ketahanan pangan nasional. Ketangguhan sektor agroindustri disebabkan karena keunggulannya yang mengutamakan penggunaan bahan baku lokal dan sesedikit mungkin menggunakan komponen impor. Agroindustri berperan sebagai jembatan antara sektor pertanian pada kegiatan hulu dan sektor industri pada kegiatan hilir, khususnya untuk komoditas hortikultura, meliputi: buah-buahan, sayuran dan tanaman hias. Banyaknya agroindustri di Kota Batu membuat UD. AGF Kota Batu harus bersaing dengan perusahaan sejenis. Harga keripik semangka yang ditetapkan oleh UD. AGF Kota Batu menyesuaikan dengan harga bahan baku semangka, dalam artian ketika harga bahan baku semangka naik, maka UD. AGF Kota Batu menaikkan harga jual keripik semangka, sedangkan jika harga bahan baku semangka mengalami penurunan, pemilik perusahaan tidak menurunkan harga keripik semangkanya. Ditambah dengan tidak adanya promosi yang dilakukan oleh UD. AGF Kota Batu untuk menunjang peningkatan penjualan keripik semangka tersebut. Permasalahan ini membuat perusahaan dituntut untuk mempertimbangkan harga yang ditetapkan sebagai harga jual keripik semangka dan promosi yang dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap volume penjualan keripik semangka yang dilakukan oleh UD. AGF Kota Batu. Penelitian dilakukan di UD. AGF Kota Batu Jl. Raya Sidomulyo No. 55 Kota Batu, Jawa Timur. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive atau sengaja dengan pertimbangan tertentu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausal. Variabel dalam penelitian ini berupa variabel terikat yang terdiri dari volume penjualan dan variabel bebas yang terdiri dari harga produk dan biaya promosi. Subjek dalam penelitian ini adalah UD. AGF Kota Batu dan objeknya ialah harga jual, biaya promosi dan volume penjualan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data ini berupa laporan penjualan UD. AGF Kota Batu pada tahun 2016. Sumber data yang akan menjadi bahan analisis dalam penelitian ini yaitu data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah secara simultan variabel harga (X1) dan biaya promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan (Y) keripik semangka di UD. AGF Kota Batu. Secara parsial, variabel harga (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel volume penjualan (Y) keripik semangka di UD. AGF Kota Batu. Secara parsial, variabel biaya promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel volume penjualan (Y) keripik semangka di UD. AGF Kota Batu. Saran penulis kepada UD. AGF Kota Batu bahwa harga keripik semangka Rp 16.000/100 gr tetap dipertahankan karena harga yang telah ditetapkan tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Kemudian, tetap melakukan promosi terhadap produk keripik semangka, karena biaya promosi berbanding lurus dengan volume penjualan, artinya penambahan biaya promosi akan meningkatkan volume penjualan keripik semangka di UD. AGF Kota Batu. Bagi peneliti selanjutnya, harap untuk menambahkan variabel tempat (place) dan produk (product) untuk mengetahui apakah variabel tersebut juga berpengaruh terhadap volume penjualan keripik semangka di UD. AGF Kota Batu.