Goenawan Mohamad dan Pers Indonesia (Studi Communication History berbasis Performance Research dalam Eksibisi Sadajiwa
Main Author: | Nurazmi, Muizuddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5206/ |
Daftar Isi:
- Goenawan Mohamad adalah sosok tokoh pers di era yang menjunjung tinggi kebebasan dalam berbicara. Penelitian ini menggunakan communication history untuk menjelaskan fenomena sejarah tokoh pers dan nilai-nilai kebebasan yang diangkat oleh Goenawan Mohamad. Goenawan Mohamad sebagai pemilik perusahaan media yang bernama Tempo, kerap melakukan sindiran-sindiran maupun kritik terhadap pemerintahan. Dalam kasus ini adalah rezim Orde Baru. Performance research adalah bentuk penelitian kritis dalam ranah seni yang digunakan untuk memproduksi segala aktivitas sebagai media komunikasi. Performance research merupakan sebuah metode yang meletakkan kritis terhadap keberlangsungan imajinasi sosial dan budaya yang diimplementasikan melalui praktik kerja pengalaman individu. Penelitian ini menggunakan media seni yang berupa seni visual, puisi, teater, dan lagu sebagai bentuk manifestasi performance research. Penelitian ini dipergunakan untuk meliterasi masyarakat mengenai tokoh pers khususnya Goenawan Mohamad dalam perspektif non-barat. Hasil penelitian ini menenjukan bahwa masih sedikitnya masyarakat yang mengeneal Goenawan Mohamad sebagai seorang tokoh pers yang memperjuangkan kebebasan. Data ini didapatkan peneliti dari hasil wawancara yang telah dilakukan dengan beberapa pengunjung yang datang. Hadirnya Sadajiwa sebagai bentuk praktik metode performance research menjadi ajang untuk memperkenalkan tokoh pers khususnya Goenawan Mohamad dengan nilai-nilai kebebasan yang ia perjuangkan.