Pengaruh Te rpaan Tayangan Film melalui Rute Periferal dalam Elaboration Likelihood Model terhadap Brand Loyalty pada Brand Community (Studi Eksperimental Terpaan Tayangan Film Harry Potter terhadap Loyalitas Merek pada Komunitas IndoHogwarts)

Main Author: Gutomo, Alvinia Yuliareza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/518/1/Alvinia%20Yuliareza%20Gutomo.pdf
http://repository.ub.ac.id/518/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan tayangan film melalui rute periferal dalam Elaboration Likelihood Model (ELM) terhadap brand loyalty pada brand community. Metode penelitian ini ialah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Bentuk desain eksperimen yang dipilih adalah posttest only control design dengan membagi dua kelompok sampling, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Tayangan film Harry Potter and The Orde of Phoenix adalah treatment yang diberikan pada kelompok eksperimen. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian ini adalah 200 orang dari anggota Komunitas IndoHogwarts di Kota Malang dan Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) karena ingin mengetahui pengaruh dari variabel bebas dengan variabel tergantung, hubungan indikator dengan variabel, dan hubungan item pernyataan dengan indikator. Hasil analisis data menunjukkan bahwa konsep variabel dan indikator yang terbentuk sesuai dengan hasil confirmatory factor analysis (CFA). Namun tetap diperlukan modifikasi agar model struktural memenuhi goodness of fit. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terpaan dan peripheral cues memiliki pengaruh terhadap brand community dan brand loyalty, serta brand community memiliki pengaruh terhadap brand loyalty. Indikator pada variabel laten eksogen dan endogen mempunyai hubungan yang baik dengan masing-masing indikatornya. Teori ELM sudah mampu menjelaskan sebab-sebab sikap loyalitas merek pada individu ketika diberi terpaan tayangan film. Penelitian ini juga memberikan kontribusi terhadap kajian film studies dengan melihat perilaku menonton yang berpengaruh terhadap perubahan sikap. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan mengenai proses konsumsi individu pada produk media, berupa film.