Komunikasi Antar Pribadi dalam Meningkatkan Customer retention (Analisis pada Salesman dan Pelanggan Repeat order di PT. Agung Toyota Batu Ampar Batam)

Main Author: Putri, Aulia Erzha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/516/1/Putri%2C%20Aulia%20Erzha.pdf
http://repository.ub.ac.id/516/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana komunikasi antar pribadi meningkatkan customer retention antara salesman PT. Agung Toyota Batu Ampar Batam dengan pelanggannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data in-depth interview. Peneliti memilih informan dengan teknik purposive sampling dan teknik analisis data Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Informan dalam penelitian ini adalah salesman yang sudah lebih dari 2 tahun bekerja di Toyota, dan informan pendukung yaitu customer yang telah melakukan repeat order. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa salesman yang menerapkan komunikasi antar pribadi dalam melakukan keahlian penjualan berhasil membangun hubungan yang lebih intim dengan customernya. Hubungan yang lebih intim itu yang memberikan dampak kepada suksesnya program customer retention di PT. Agung Toyota Batu Ampar Batam. Ketimpangan penjualan disebabkan oleh kurang maksimalnya kemampuan komunikasi antar pribadi yang dimiliki masing-masing salesman di PT. Agung Toyota Batu Ampar Batam. Dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa komunikasi antar pribadi mempengaruhi kredibilitas, trustworthiness, daya tarik, kompetensi dan pendekatan emosional salesman ketika berhadapan dengan customer. Kelebihan tersebut yang membuat salesman dapat menjalin hubungan yang lebih intim untuk meningkatkan customer retention.