Pengaruh Dimensi Electronic Word-of-Mouth terhadap Attitude, Movie Evaluation, dan WOM Intention pada Online Review IMDB.com (Studi Analisis SEM tentang Online Movie Review pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014 – 2016)

Main Author: Kartika., Hanissa Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/514/1/1.%20Bagian%20Depan.pdf
http://repository.ub.ac.id/514/2/2.%20BAB%20I.pdf
http://repository.ub.ac.id/514/3/3.%20BAB%20II.pdf
http://repository.ub.ac.id/514/4/4.%20BAB%20III.pdf
http://repository.ub.ac.id/514/5/5.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/514/6/6.%20BAB%20V.pdf
http://repository.ub.ac.id/514/7/7.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.ub.ac.id/514/
Daftar Isi:
  • Elaboration Likelihood Model adalah salah satu dari model dalam tradisi sosiopsikologis yang berusaha menjelaskan berbagai perbedaan individu dalam memproses suatu informasi. Teori ini mengatur proses-proses persuasi melalui dua rute yakni rute sentral dan rute periferal (Petty, Barden, & Wheeler, 2009). Electronic word-of-mouth adalah saran atau ulasan dari konsumen lain mengenai produk atau servis yang berbentuk online review yang terdiri atas argument quality dan source credibility. Penelitian ini menggunakan Elaboration Likelihood Model untuk menjelaskan pengaruh ewom online movie review pada situs IMDb.com terhadap attitude pembacanya, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014 – 2016. Attitude ini kemudian merujuk pada dua dua perilaku yakni movie evaluation dan WOM intention. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dari paradigma positivistik. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan teknik pengumpulan data survei. Sampel sebanyak 200 orang diambil dari mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014 – 2016. Hasil analisis data menunjukkan bahwa informative, helpful, valuable, persuasive, trustworthiness, dan expertise memengaruhi attitude para pembaca online movie review IMDb.com yang kemudian berpengaruh pula terhadap movie evaluation dan WOM intention. Indikator yang terdapat dari variabel X, Z, maupun Y memiliki hubungan yang baik dengan masing-masing variabelnya. Dengan hasil analisis ini maka dapat disimpulkan bahwa argument quality dan source credibility memiliki pengaruh terhadap attitude, movie evaluation, dan WOM intention. Teori Elaboration Likelihood Model sudah mampu menjelaskan sebab-sebab seseorang memiliki keinginan untuk menonton suatu film dan merekomendasikan kepada orang lain berdasarkan online movie review.