Analisis Teori Atribusi Pada Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis Konsumen Wanita Generasi Y Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah

Main Author: Sudigdo, Nadhila Prameswari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5133/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengambil masalah atas dasar perilaku konsumen terutama konsumen wanita generasi Y yang merupakan generasi millenial. Penelitian ini ingin membuktikan apakah ada pengaruh dari faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis dalam proses keputusan pembelian konsumen wanita generasi millenial yang berbeda karkateristiknya dibandingkan konsumen generasi sebelum millenial. Teori yang digunakan untuk membuktikannya adalah teori atribusi milik Fritz Heider. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor-faktor berupa faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis konsumen wanita generasi Y terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksplanatif, teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik survei dengan media kuisioner yang disebarkan pada wanita generasi Y (1981-2001). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) terdapat pengaruh secara signifikan dari faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis konsumen wanita generasi Y terhadap keputusan pembelian produk Wardah. Secara parsial (individu) juga terdapat pengaruh signifikan dari masing-masing faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis konsumen wanita generasi Y terhadap keputusan pembelian produk Wardah. Pengaruh paling dominan terlihat dari variabel faktor psikologis.