Perbandingan Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi What’s App Dan Line Pada Siswa Dan Guru (Studi Komparatif Pengguna Aplikasi What’s App Dan Line Pada Siswa Dan Guru Sman 5 Depok Dalam Pendekatan Uses And Gratification 2.0 Theory
Main Author: | Gustiana, Windi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5091/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbedaan tingkat kepuasan penggunaan aplikasi waht’s app dan Line pada siswa dan guru di SMAN 5 Depok dengan menggunakan teori uses and gratification 2.0 dari Sundar dan Limperos (2013). Di awali dengan berkembangnya teknologi media yang juga menyebabkan berkembangnya teori uses and gratification menjadi teori uses and gratification 2.0. kemampuan dari teknologi digital mengubah pengalaman individu dengan mengundang individu tersebut untuk terlibat dengan konten dalam cara yang pribadi bahwa individu tidak hanya bertindak, namun juga dapat secara aktif membangun makna. Peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpalan data survei. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik Quota sampling dan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dimensi modality tertinggi siswa ditunjukan pada aplikasi line, sedangkan dimensi modality tertinggi guru ditunjukan pada aplikasi what’s app. Sedangkan dimensi interactivity terendah siswa ditunjukan pada aplikasi line, sedangkan dimensi interactivity terendah guru ditunjukan pada aplikasi what’s app. Hasil uji t membuktikan bahwa terdapat perbedaan kepuasan antara siswa dan guru dalam menggunakan aplikasi instant messaging what’s app dan line. Siswa SMAN 5 Depok cenderung lebih puas terhadap aplikasi instant messaging line di bandingkan dengan guru yang cenderung lebih puas dengan aplikasi instant messaging what’s app. Penelitian ini ditemukan bahwa karakteristik responden mempengaruhi perbedaan kepuasan dan kecenderungan dimensi yang dihasilkan dalam menggunakan suatu aplikasi instant messaging.