Strategi Optimalisasi Pelayanan Jasa Transportasi Publik (Studi Pada Angkutan Khusus Bandara Soekarno Hatta Damri Jakarta)
Main Author: | Bonivia, Clara Shinta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5062/ |
Daftar Isi:
- Bandara Internasional Soekarno Hatta yang berlokasi di Cengkareng Tangerang, merupakan bandara utama di Indonesia yang menjadi salah satu tempat singgah masyarakat untuk menuju ke wilayah DKI Jakarta dengan transportasi udara. Lokasi Bandara yang jauh dari pusat kota, menjadikan peran transportasi publik yang nyaman, aman, murah, dan mudah dijangkau sebagai moda transportasi lanjutan dari bandara menuju ke berbagai wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Moda transportasi lanjutan yang popular digunakan oleh masyarakat untuk menghubungkan antara wilayah DKI Jakarta dengan bandara Soekarno Hatta adalah angkutan bandara milik Perusahaan Umum Damri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi optimalisasi pelayanan jasa transportasi publik Angkutan Bandara Damri melalui pemenuhan Standar Pelayanan Minimal dan Prinsip Penyelenggaraan Pelayanan publik. Peneliti menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode analisis Miles, Huberman, dan Saldana yang dilengkapi dengan analisis Matriks SWOT yang menganalisis kekuatan, kelemahan, ancaman, serta peluang perusahaan untuk menghasilkan strategi bagi Unit Angkutan Bandara Damri dalam menyelenggarakan pelayanannya kepada pengguna jasa. Saran yang diberikan peneliti dalam strategi optimalisasi pelayanan jasa transportasi publik angkutan bandara damri yaitu, kepada Perusahaan Umum Damri khususnya Unit Angkutan Khusus Bandara Soekarno Hatta untuk kembali mengkaji poin-poin pada standar pelayanan minimal dan prinsip penyelenggaraan pelayanan publik yang belum dapat terpenuhi serta terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa, selain itu diperlukan peningkatan pengawasan layanan pada bagian frontliner oleh atasan sebagai unit yang berhubungan langsung dengan pengguna jasa.