Peran Nilai Pelanggan pada Pengaruh Preferensi dan Citra Merek Syariah terhadap Keputusan Menabung (Studi pada Bank Syariah Milik Negara di Kota Malang)
Main Author: | Mirza, Tasya Kemala |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5054/ |
Daftar Isi:
- Tasya Kemala Mirza, Program Magister Manajemen Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang, 20 Juli 2017. Peran Nilai Pelanggan pada Pengaruh Preferensi dan Citra Merek Syariah terhadap Keputusan Menabung (Studi pada Bank Syariah Milik Negara di Kota Malang). Ketua Komisi Pembimbing: Sudjatno, Anggota Komisi Pembimbing: Sunaryo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara empiris peran nilai pelanggan dalam memediasi pengaruh preferensi dan citra merek Syariah terhadap keputusan menabung pada Bank Syariah Milik Negara di Kota Malang. Pengembangan model penelitian dilakukan dengan menguji dan menganalisis ulang, baik pengaruh langsung antara preferensi dan citra merek Syariah terhadap keputusan menabung, maupun pengaruh tidak langsungnya melalui nilai pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Bank Syariah Milik Negara di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ditentukan dari karakteristik responden diperoleh total sampel sebanyak 200 responden, dengan alokasi 50 responden pada masing-masing Bank Umum Milik Negara di Kota Malang. Model analisis yang digunakan adalah model struktural dengan pendekatan Partial Least Square (PLS), sedangkan perhitungan analisisnya menggunakan aplikasi software SmartPLS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa preferensi merek syariah tidak mempunyai efek penting dalam meningkatkan keputusan menabung pelanggan. Sebaliknya citra merek syariah mempunyai efek penting dalam meningkatkan keputusan menabung pelanggan. Hasil pengujian mediasi menunjukkan bahwa nilai pelanggan dapat memberikan peran mediasi sempurna pada efek preferensi merek syariah terhadap keputusan menabung nasabah, serta dapat memberikan peran mediasi sebagian pada efek citra merek syariah terhadap keputusan menabung pelanggan. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mempertimbangkan kembali ukuran – ukuran dalam konsep yang diamati serta menggunakan aspek religiusitas sebagai determinan keputusan menabung nasabah.