Strategi Manajemen Televisisistem Stasiun Jaringan (Studi Kasus Ada Sbo Tv Dan Jtv Sebagai Stasiun Televisi Lokal Jaringan Jawa Pos Multimedia)

Main Author: Astuti, Prapti Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/5049/
Daftar Isi:
  • Peraturan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran di Indonesia mewajibkan adanya Sistem Stasiun Jaringan pada setiap media televisi. Wacana untuk melaksanakan Sistem Stasiun Jaringan adalah untuk menciptakan demokratisasi penyiaran dan mengupayakan keanekaragaman konten di pertelevisian Indonesia. Sistem ini jugasebagai strategi alternatif yang digunakan perusahaan media dalam menghadapi persaingan industri media. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi manajemen SBO TV dan JTV sebagai stasiun penyiaran lokal yang menerapkan Sistem Stasiun Jaringan, yaitu jaringan dari Jawa Pos Multimedia (JPM). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Banyak dari penelitian mengenai manajemen media yang menggunakan metode ini. Karena dengan menggunakan studi kasus diharapkan dapat menjelaskan sebuah kasus tertentu dengan lebih intensif. Namun, hasil penelitian dengan metode studi kasus tidak dapat disama ratakan dengan hasil penelitian pada kasus lainnya. Kasus dalam penelitian ini adalah televisi dengan sistem stasiun jaringan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang dilakukan oleh perusahaan Jawa Pos Multimedia melalui implementasinya pada JTV dan SBO TV adalah yang sebenarnya dimaksudkan dengan sistem stasiun jaringan, yaitu sesuai dengan semangat keanekaragaman konten dan memilki jangkauan area yang terbatas pada wilayah siaran lokal. Keanekan ragaman yang dimaksud adalah dengan mengoptimalkan konten lokal yang bermanfaat bagi masyarakat setempat dan tetap memiliki nilai jual untuk mendapatkan profit bagi perusahaan.