Strategi Marketing Politik Pasangan H. Rudi Dan Sujono Djonet Dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Batu 2017
Main Author: | Christiantoro, Tito Delfi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/5022/ |
Daftar Isi:
- Marketing politik bisa dikatakan sebagai sarana mengenalkan pasangan calon kepada khalayak umum yang dilakukan secara berangsur-angsur dalam proses kampanye pemilukada. Pentingnya peran marketing politik membuat para kandidat berlomba-lomba dalam mengimplementasikan strategi marketing politik sebagai kunci sukses dalam pemenangannya. Mengacu pada hal tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang strategi pemenangan Pasangan Rudi-Sujono dalam upaya meraih dukungan masyarakat pada proses Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Batu Periode 2017 - 2022.Strategi marketing politik yang pertama dilakukan pasangan Rudi-Sujono dalam Pilwali Kota Batu 2017 dengan menggunakan komunikasi politik atau disebut positioning untuk menanamkan citra tertentu kepada calon pemilih. Perlunya membangun citra dan kesan positif di masyarakat terhadap pasangan calon, agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui siapa pasangan calon serta memahami apa yang ditawarkan oleh pasangan calon hingga nantinya bersedia memberikan suaranya kepada pasangan tersebut. Penerapan strategi marketing yang selanjutnya adalah dengan push marketing, pull marketing, dan pass marketing. Saran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah bagi pasangan calon yang akan datang harus mempersiapkan strategi marketing politik yang matang dan bijaksana. Penggunaan media kampanye baik cetak maupun elektronik perlu dimaksimalkan dalam rangka memberikan gambaran kepribadian dan dan sosok dari seorang calon pemimpin bagi masyarakat sebagai konstituen. Bagi tim pemenangan adalah penting untuk tetap menjaga komunikasi dan kerjasama antar unsur didalam tim pemenangan dalam proses pemilihan yang sedang berlangsung. Sebab dengan strategi marketing politik yang baik dan didukung oleh tim pemenangan yang kompak dan bekerja secara maksimal, bukan tidak mungkin pasangan awalnya tidak dikenal oleh masyarakat bisa memperoleh suara dukungan dari masyarakat dan bahkan keluar sebagai pemenang.